Sabtu, 20 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Ini Dia Sejarah Singkat Rekaman di Dunia

Penulis :
Minggu, 25/05/2014 03.28.03 | Dibaca: 9250




Ini Dia Sejarah Singkat Rekaman di Dunia

personal.psu.edu


 

CompusicianNews.com – Industri – Sejarah rekaman dimulai dari ditemukannya alat perekam suara yang pertama yaitu Phonoautograph oleh Leon Scott pada tahun 1860. Kemudian pada tahun 1857, penemuan Thomas Alpha Edison yaitu Phonograph digunakan untuk mempelajari gelombang suara. Namun, alat tersebut tidak digunakan untuk mereproduksi hasil rekaman.

Phonograph memang diciptakan seiring pengembangan perangkat telephone sekitar tahun 70an. Pada saat itu pula Edison mendapat ide untuk mencetak pesan telephone dengan kertas berlapis wax dan menggunakan alat electromagnetics. Setelah penemuan tersebut kemudian bermunculan alat perekam lain seperti Graphophone.

Di tahun 1893, Emile Berliner merumuskan ide untuk mencetak suara di atas piringan. Hal ini didasarkan alasan lebih mudah direproduksi. Ide piringan ini kemudian terus berkembang dan menjadi disc seperti yang dikenal sekarang.

Hingga tahun 1920, phonograph dan graphophone digeser oleh keberadaan player dengan built in speaker yang dapat memutar hasil rekaman dengan volume yang lebih keras. Phonograph atau disebut juga Gramaphone menjadi satu-satunya alat perekam dan playback yang umum digunakan hingga akhir perang dunia II. Hollywood pun berperan dalam perkembangan rekaman dengan penggunaan suara dalam film.

Tape recording kemudian muncul dan menggantikan phonograph karena penggunaan yang lebih mudah dan biaya terjangkau. Popular di tahun 50an, tape recorder membawa dampak besar dalam membuat musik. Dengan tape recorder, proses edit serta pemberian efek fade in dan fade out menjadi mudah dilakukan. Penyanyi tidak lagi harus menyanyi dengan sempurna saat rekaman, proses tambal dan edit bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan.

Multitrack recording mulai dikenal dan terus berkembang hingga tahun 60an. Multitrack recording memungkinkan untuk merekam dengan memisahkan grup artis. Selain itu, muncul pula yang disebut dengan suara stereo. Dilakukan pula eksperimen yaitu merekam dengan 2 microphone, 2 amplifier, dan 2 speaker yang bisa menghasilkan efek tertentu. Kemudian, 8 track player yang bisa diasosiasikan dengan player pada mobil menjadi sangat populer. Tidak berapa lama, kepopulerannya juga digantikan oleh kaset.

Selanjutnya, digital recording mulai berkembang di tahun 80an. Sedang di era 90an, budaya rekaman sudah sangat maju dengan peralatan multimedia, suara berupa file digital, edit dan mixing materi digital, serta kemunculan Musical Instrument Digital Interface (MIDI).

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda