Senin, 22 April 2019

Music Technology Lifestyle

Jackson C20 Concert Bass Review

Penulis :
Senin, 15/06/2015 13.00.00 | Dibaca: 2205




Jackson C20 Concert Bass Review

www.audiopro.co.id


Compusiciannews.com -Instrument-  Jackson Guitar sudah cukup lama hadir di pasar dunia. Diakui atau tidak produk ini memang lebih dekat dengan genre musik rock. Brand yang lebih dari 3 dekade hadir di panggung musik rock dunia ini tetap bisa mempertahankan eksistensinya.

Seiring perjalanan waktu, Jackson kini mengembangkan produknya,sehingga tidak hanya mengkhususkan pada genre musik rock. Walaupun masih mempertahankan karakter Jackson, tapi instrumen yang diproduksi lebih fleksibel untuk berbagai kebutuhan bermusik.

Seperti produk yang mampir di studio Audiopro kali ini, yaitu bass C20 yang tergabung pada Concert Bass Series. Seperti tertulis di atas produk ini hadir dengan tampilan yang memang sedikit berbeda. Body yang tampak lebih nyaman nempel di ban dan bobot bass yang tidak terlalu berat, memungkinkan bass ini nyaman saat dimainkan dalam waktu yang lama.

Bass ini menggunakan konfigurasi pickup yang bisa diatur melalui 3 knob. Sistem ini cukup memudahkan dalam pengulikan sound.

STUDIO CHECK
Kami menguji bass ini menggunakan produk portable amps buatan lokal. Didukung dengan pencapaian sound ideal, atau proses pengulikan yang simple dan efisien, melalui 3 knob, yaitu Volume 1. Neck Pickup, Volume2.Bridge Pickup, dan Master Tone. Mudah dioperasikan bagi kalangan muda sekalipun, menjadi salah satu unggulan bass ini. Walaupun harus menyesuaikan dahulu posisi tinggi/rendah string.

Untuk pengujian sound, menggunakan ampli di atas, kami sengaja men-setting pada posisi flat semua kob di panel, termasuk pada panel master volume di posisi jam 12.

Karakter utama bass ini cukup warmth dan dengan karakter bow yang empuk. Gain cukup standard dan memiliki sustai yang medium. Range soundnya pun tidak terlalu lebar, tetapi menonjol di low sound. bagi beberapa pemain bass mungkin memerlukan bass dengan karakter seperti ini, terutama jik digunakan untuk mem-blocking  sound drum.

Saat melakukan pengulikan, anda juga bisa mendapatkan karakter low sound yang lebih tebal dan lebar atau memaksimalkan hi-mid sound dengan memilih posisi pickup yang sesuai. Misalnya saat memutar neck pickup lebih dominan, dimana sound akan terasa lebih tajam dan tight. Anda bisa gunakan saat main lead atau memainkan karakter musik yang energik.

KESIMPULAN

Walaupun range sound yang dimiliki tidak terlalu lebar, tapi sudah mampu mewakili berbagai kebutuhan bermusik. Beberapa fitur dari bass ini sangat menunjang permainan anda jika memainkannya dalam waktu yang lama. Apalagi memiliki setup yang simpel dengan proses pengulikan yang relatif mudah, membuat bass ini menjadi salah satu bass yang bisa anda perhitungkan untuk memenuhi keperluan anda, baik recording atau live.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda