Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Kaotika Eyeball, Konsep Baru Dunia Rekaman

Penulis :
Senin, 05/05/2014 10.50.29 | Dibaca: 2656




Kaotika Eyeball, Konsep Baru Dunia Rekaman

gearslutz.com


CompusicianNews.com – Perangkat – Ya, Kaotika merupakan konsep baru dalam dunia rekaman. Keunikan alat ini terletak pada bentuknya yang unik yitu seperti bola yang terbuat dari spon atau gabus.

Alat ini dirancang untuk menghasilkan rekaman yang lebih jernih dalam ruangan dengan fasilitas akustik yang kurang memadahi. Selain itu alat ini juga dirancang untuk mengalirkan energi vocal yang lebih besar dibandingkan mikrofon biasa. Dari hasil yang telah dibuktikan, Kaotika eyeball tidak mempengaruhi frekuensi mikrofon lebih besar dari  + 1.4 dB hingga 30 kHz.

Pertanyaanya adalah, bagaimana performanya dan apakah mudah digunakan. Eyeball terlihat seperti bola gabus yang besar. Bentuknya lingkaran berdiameter 4,4 inci. Bola gabus tersebut memiliki rongga dan lubang di bagian bawah dan depan. Sehingga dapat memasukkan mic dari bawah dan menambahkan pop filter / pop shield di depannya. 

Sehingga jelas sekali bahwa kaotika eyeball sangat ringan sehingga tidak akan membuat mic tidak seimbang. Biasanya pelindung mic konvensional memiliki kekurangan yang membuat penggunanya (vokalis) kesulitan meletakkan lembar lirik lagu. Namun tidak demikian ketika menggunakan Kaotika Eyeball. Sehingga tidak akan ada permasalahan ketika anda menggunakan kaotika eyeball untuk melakukan rekaman.  

Dalam sebuah percobaan menggunakan microphone Rode NT1 (kardoid) yang disetel di ruangan, percobaan pertama tanpa menggunakan pop shield sedangkan percobaan kedua menggunakan eyeball dengan pop shield. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa eyeball dapat mengalirkan suara yang datang.

Untuk memasang microphone juga harus berhati-hati, yaitu berada tepat di depan mulut. Kira-kira jarak 6 inci dari mulut, meskipun kebanyakan penyanyi lebih dekat dari jarak itu. Perbedaan suara yang dihasilkan jauh sekali. Menggunakan kaotika eyeball menghasilkan suara yang lebih bagus jika dibandingkan dengan pelindung konvensial yang melengkung di belakang mikrofon. 

Hasil percobaan mengatakan bahwa foam/gabus/busa yang terdapat disekeliling mic memberikan efek penyaringan, meredam suara berisik dan hasilnya tentu lebih baik dari menggunakan penyaring suara biasa.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, penyanyi harus bernyanyi lebih dekat dan sejajar dengan pop shield, jangan terlalu dibawah dan diatasnya. Disarankan pula untuk memberi penyerap suara pada dinding di belakang penyanyi agar tidak terjadi suara yang menghambat. Menggunakan kaotika eyeball sangat bagus bagi anda yang ingin melakukan rekaman vocal. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda