Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Kericuhan DPR di Hari Pertama, Sebuah Pergeseran Budayakah?

Penulis :
Kamis, 02/10/2014 12.30.59 | Dibaca: 1648




Kericuhan DPR di Hari Pertama, Sebuah Pergeseran Budayakah?

art.bightton.ac.uk


Seteleh Pilpres 2014 selesai, rakyat Indonesia masih belum bisa menikmati sepenuhnya kemenangan demokrasi.  Pesta rakyat pun di cegah supaya tidak terjadi konflik di hari pengumuman kemenangan. Dan hal tersebut semakin diperparah, ketika di hari pertama DPR 2014-2019 langsung manuver-manuver politik yang sarat konspirasi membuat kericuhan di hari pertama.

Pergeseran budaya, atau momentum?  

Budaya adalah sebuah manifestasi dari kepercayaan.  Budaya nusantara yang luhur yang sangat pluralis selalu mendapat tantangan dari hamba-hamba kekuasaan.  Politik itu kepentingan, katanya. Artinya, tantangan dan pertempuran sebenarnya sudah ada selama ini di Indonesia.  Tapi semuanya dibungkus dalam sebuah bungkus kado yang indah.  Kehadiran keterbukaan dan transparansi yang di usung Jokowi-Ahok membongkar semua isi kado yang ternyata busuk adanya.

Jadi sebenarnya yang sedang terjadi adalah sebuah momentum perbuahan. Justru yang dipertunjukkan para elite politik Indonesia adalah budaya politik Indonesia yang asli tanpa topeng. Justru mereka inilah sasaran perubahan dan sumber masalah yang ada selama ini.

Dengan momentum ini kita berharap ada pergerakan (movement) kedepan untuk menggeser budaya feodal dan biadab ini menuju budaya Indonesia baru yang berakar kepada keindahan nusantra yang bhinneka dan bernilai Pancasila.

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda