Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Kiat-Kiat Mencari Ide Dalam Komposing

Penulis :
Sabtu, 12/07/2014 05.45.35 | Dibaca: 1973




Kiat-Kiat Mencari Ide Dalam Komposing

.cakewalk.com


CompusicianNews.com –Pendidikan- Dalam proses composing selalu ada musuh terbesar yang menghantui yang dikenal sebagai ‘writer’s block’ atau saat dimana kita sebagai komposer kehabisan ide untuk menyelesaikan karya musik kita. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda ambil saat anda rasa perlu suatu ide yang muncul di saat-saat ide anda habis ditengah-tengah alur kerja anda.

 

1. Pecahkan tugas anda menjadi bagian-bagian kecil

Jika sesuatu seakan terlihat teralu besar untuk ditangani, cobalah untuk duduk dan pecahkanlah alur kerja anda kedalam bagian-bagian kecil. Jenis alur kerja ini dapat menawarkan anda suatu wawasan dalam managemen waktu. anda akan memulai untuk memperoleh ide yang lebih baik dalam tugas yang berbeda dimana anda menguasai dan beberapa hal lain yang tidak anda kuasai. Contohnya, anda mahir dalam menulis bagian chorus, tapi anda serasa menggantung saat menulis bagian bridge. Anda dapat mendedikasikan dengan menambah waktu dalam pembuatan bagian bridge lagu karena anda tahu bagian itu perlu aktu yang lebih panjang

 

2. Ambil istirahat beberapa hari

Istirahatlah dari pekerjaan anda jika anda sudah mentok kehilangan ide. Pikirkanlah apa yang dapat menenangkan pikiran anda dan lakukanlah. Jangan pecahkan pikiran anda. Nyalakan tv dan tontonlah acara kesukaan anda yang dapat mendinginkan kepala anda dari kerja yang melelahkan dan mungkin dengan anda bersantai, anda memperoleh ide.

 

3. Carilah inspirasi bagi anda sendiri.

Tak seorangpun dapat memperoleh inspirasi dengan mudah. Sayangnya, ini adalah sesuatu yang datang secara tiba-tiba tanpa anda sadari. Rahasianya adalah untuk mengerti bagaimana inspirasi hadir pada anda. Apakah ini terjadi saat anda mendengarkan musik baru? atau mungkin inspirasi hadir saat anda mengemudi atau jalan-jalan dari satu tempat ke tempat yang lain? Bisa saja, dimanapun dan kapanpun.

 

4. Cobalah kord suara yang berbeda

Inversikan kord progresi anda sehingga kord ke 3, 5, atau 7 ada dalam root. Jalankan ke semua variasi kord itu dan anda dapat menemukan sesuatu tersembunyi dibalik mata. Contohnya, gitaris memiliki kemampuan untuk mengubah tuning mereka, menambah capos dan mengelompokan bersama da

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda