Jumat, 27 April 2018

Music Technology Lifestyle

Layanan Streaming Terbaru YouTube Akan Launching Maret 2018

Penulis :
Rabu, 13/12/2017 14.14.01 | Dibaca: 424




Layanan Streaming Terbaru YouTube Akan Launching Maret 2018

Google


Compusiciannews.com - Isu Terkini - Layanan streaming YouTube yang terbaru direncanakan akan diluncurkan bulan Maret mendatang. Menurut kabar, layanan tersebut akan dinamai Remix. Tetapi nama Remix juga masih bisa berubah. Sejak bulan Juli lalu, pimpinan YouTube, Lyor Cohen mengatakan bahwa memang ia sedang membuat rencana untuk mengkombinasikan layanan berlangganan YouTube Red dengan Google Play Music.

Layanan terbaru ini rencananya akan memberikan akses yang memudahkan dan menyederhanakan streaming musik dan video YouTube, karena memang ada beberapa video dan musik streaming yang membingungkan, dalam arti diunggah dan dipublikasikan secara berulang dalam beberapa tahun terakhir ini.

Menurut Bloomberg, layanan terbaru ini bekerjasama dengan dua dari tiga industri musik terbesar dunia, yaitu Sony Music Entertainment dan Universal Music Group. Yang ketiga, Warner Music Group, sudah memberitahukan bahwa perusahaannya sudah menandatangani kontrak. WMG sudah bertahun-tahun mengamati bahwa YouTube sendiri tidak terlalu memerhatikan copyright atau hak cipta dari penggunanya. Maksudnya, YouTube belum memiliki aturan yang jelas tentang ijin mengunggah video ke dalam platform YouTube, para pengguna YouTube bisa saja mengambil video pengguna lain, dan mengunggahnya kembali tanpa menyebutkan pemilik asli video tersebut. Hal ini kemudian yang menjadi masalah.

Maka dari itu, YouTube berniat untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan layanan yang lebih baik, dengan sistem kerja yang kohesif dan kompetitif. YouTube juga bekerjasama dengan Vevo, yang juga mengendalikan hak cipta video-video musik di seluruh dunia.

Berkenaan dengan Google, Google sendiri sudah pernah menciptakan produk musik yang sedang digemari netizen, namun jumlah penggunanya tetap tidak bisa mengalahkan Apple maupun Spotify. Di sisi lain, YouTube sendiri juga pernah merilis beberapa produk layanan musik berupa Google Play Music dan YouTube Music Key, namun nyatanya Music Key tidak terlalu diminati.

Sementara itu, Spotify berhasil mencetak angka 140 juta pengguna tiap bulannya, dan 50 juta dari mereka berlangganan. Apple juga mencetak angka lebih ari 30 juta pengguna.

Dibandingkan dengan Spotify dan Apple, Google sendiri tidak pernah mencetak angka setinggi itu, demikian juga dengan YouTube Red yang hanya mencetak angka 1,5 juta pengguna tahun lalu.

Dengan berbagai masalah dan pertimbangan yang ada, beberapa sumber mengatakan bahwa YouTube Remix tidak dapat dirilis pada Maret mendatang.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda