Selasa, 25 Juni 2019

Music Technology Lifestyle

Lokananta Luncurkan Perpustakaan Digital Arsip Musik

Penulis :
Rabu, 17/02/2016 12.00.00 | Dibaca: 1712




Lokananta Luncurkan Perpustakaan Digital Arsip Musik

http://www.harnas.co/


Compusiciannews.com - Studio - Perusahaan rekaman dan studio musik pertama di Indonesia, Lokananta, secara resmi meluncurkan perpustakaan digital untuk koleksi arsip yang dimilikinya. Koleksi berupa foto, artikel, berita, dan sample audio dengan durasi setengah dari durasi aslinya tersebut dapat diakses secara gratis melalui situs Lokananta Musik.

Perpustakaan digital Lokananta terealisasi melalui kerja sama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Cabang Surakata selaku pengelola Lokananta dan kelompok anak-anak muda kreatif yang tergabung dalam nama Lokananta Project. Kelompok ini terdiri dari penulis, fotografer, dan desainer muda yang melakukan digitalisasi secara independen.

Dalam wawancara dengan Syaura Qotrunada, project manager digitalisasi arsip Lokananta, menceritakan, “Pengerjaan digital dilakukan bersama teman-teman memakai laptop dan scanner. Transfer data (juga dilakukan) dengan teman-teman.” Sementara dana untuk digitalisasi didapatkan dari Djarum Foundation dan donatur.

Lokananta Project adalah bentuk kepedulian anak-anak muda Indonesia terhadap arsip yang selama ini tersimpan dan belum didengarkan oleh masyarakat luas. Selain pembuatan perpustakaan digital, agenda selanjutnya adalah perilisan buku mengenai Lokananta yang akanditerbitkan pada pertengahan 2016. Selain itu, akan ada juga penyerahan pengelolaan perpustakaan digital yang sepenuhnya diberikan kepada Lokananta.

“Lokananta ikut terlibat dalam akses ke data-data untuk perpustakaan digital dan memberikan informasi tentang narasumber yang dapat diwawancara untuk konten buku. Kami tidak diberi kebebasan mutlak, tapi kami diperbolehkan mengolah data mereka atas sepengetahuan dan izin dari Lokananta. Data yang dipinjam juga tidak boleh keluar ke pihak lain kecuali yang memang sudah sepakat untuk dirilis”, ujar Syaura.

Situs Lokananta Musik sudah dibuka untuk umum.  Beberapa album dari musisi lawas seperti Eka Djaja Combo, Orkes Sendja Meraju, Orkes Irama Turang, dan lainnya sudah bisa publik  dengarkan dalam situsnya. Semua arsip dalam situs ini adalah arsip Lokananta ketika perusahaan ini masih aktif menjadi studio rekaman, pabrik piringan hitam, dan wadah distribusi untuk pemutaran di Radio Republik Indonesia.

Dalam situs ini Anda juga dapat melihat  foto-foto klasik dari Perayaan HUT RI 1975, Peresmian Studio Baru, Kunjungan Menteri Penerangan Harmoko dan foto-foto terkait Lokananta lainnya. Artikel tentang Lokananta yang ditulis oleh Ayos Purwoaji dan Fakhri Zakaria yang dimuat di majalah Rolling Stone Indonesia juga dipublikasikan di situs ini.

Telah banyak usaha dilakukan Lokananta unuk menyelamatkan arsip terkait bidang musik. Contohnya, dalam beberapa tahun terakhir berbagai kegiatan musik dilakukan untuk mengembalikan perhatian masyarakat kepada artefak penting dunia musik. Pada tahun lalu sempat pula digelar Lokananta Fest untuk menarik minat anak muda terhadap Lokananta.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda