Senin, 18 Februari 2019

Music Technology Lifestyle

Manfaat Belajar Alat Musik Bagi Anak

Penulis :
Senin, 01/01/1900 00.00.00 | Dibaca: 5622




Manfaat Belajar Alat Musik Bagi Anak


Compusiciannews.com – Pendidikan - Seperti sudah banyak diketahui, bahwa mendengarkan musik klasik sangat disarankan bagi para ibu hamil. Pasalnya, musik klasik dipercaya mampu menstimulasi pertumbuhan otak janin dalam kandungan.  Tak sampai disitu, belajar alat musik juga sangat baik bagi anak-anak usia dini. Hal ini dikarenakan belajar alat musik dapat memberi banyak manfaat bagi otak anak.

Sebuah studi yang dilakukan di Northwestern University menyebutkan bahwa berlatih atau belajar alat musik dapat mengubah fungsi otak dalam memproses suara. Bahwa orang-orang yang sudah berlatih musik sejak kecil akan menjadi lebih pandai dalam mencerna isi pidato yang disampaikan orang lain ketika mereka dewasa.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience tersebut menjelaskan bahwa riset telah dilakukan kepada 44 peserta, yaitu sebagaian sudah berlatih musik, dan sebagian yang lain belum pernah berlatih musik sama sekali. Kemudian, para peneliti menguji otak peserta demi mengetahui kemampuan mereka dalam menanggapi suara. Caranya, masing-masing peserta diminta untuk mendengarkan pidato dan selanjutnya aktivitas otak mereka dianalisa.

Hasilnya, efek dari kemampuan memainkan alat musik dapat bertahan hingga dewasa. Seiring bertambahnya usia peserta yang sudah terbiasa bermain musik, maka bertambah dan meningkat pula kemampuan mereka dalam mencerna informasi dan isi pidato. Hal ini jelas jauh berbeda dengan yang terjadi pada peserta yang tidak pernah berlatih musik sama sekali.

Kemampuan mencerna suara tersebut juga tidak akan hilang meskipun peserta sudah menua. Bahkan, sekalipun mereka sudah tidak bermain musik selama 40 tahun. Yang jelas, jika mereka pernah berlatih memainkan alat musik pada usia 4 hingga 14 tahun, maka kemampuan respons cepat dalam mencerna pidato akan tetap dimiliki.

Studi ini jelas menunjukkan betapa pentingnya pendidikan musik sejak dini. Pasalnya, manfaat tidak akan diperoleh untuk jangka pendek saja, namun hingga beberapa dekade ke depan. Hal itulah yang mungkin menjadi dasar alasan mengapa sekarang ini minat orang tua pada sekolah musik atau kursus belajar alat musik untuk anak terus meningkat.

Penelitian lain dari Concordia University di Montreal, Kanada juga mengungkapkan bahwa mendorong anak untuk masuk kelas musik sejak usia 6 tahun akan mempercepat perkembangan motoriknya. Hal ini disebabkan karena belajar alat musik membutuhkan koordinasi tangan dengan stimulasi visual (penglihatan) dan audio (pendengaran) dalam otak. Bahkan, jika proses belajar sudah dilakukan sebelum usia 7 tahun, maka proses koneksi antara region motorik dan sensorik dalam otak akan semakin cepat. Sehingga, berlatih alat musik akan semakin mudah dan cepat pula.

Para peneliti di sana mengamati 36 otak musisi yang rata-rata sudah bermain musik dalam kurun waktu yang hampir sama. Mereka juga telah menjalani beberapa tes non-musikal guna mengukur kemampuan motorik mereka. Peserta juga dibagi menjadi dua kelompok, yaitu musisi yang belajar musik sebelum usia 7 tahun, dan musisi yang belajar musik setelah 7 tahun. Kemudian, hasilnya dibandingkan dengan hasil tes para peserta lain yang bukan musisi, baik yang pernah mendapat pelatihan musik formal maupun yang belum pernah mendapat pelatihan musik sama sekali.

Diketahui bahwa para musisi yang sudah belajar musik sebelum usia 7 tahun dapat belajar dengan lebih baik. Hal ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan peserta musisi lain yang belajar musik setelah 7 tahun dan peserta yang tidak pernah belajar musik sama sekali.

Hasil scan otak juga memperlihatkan bahwa musisi yang belajar musik sejak kecil atau sebelum usia 7 tahun mengalami penambahan bagian putih pada corpus callosum di otak mereka. Corpus callosum adalah kelompok serat saraf yang mengkoneksikan bagian otak kiri dan otak kanan manusia.

The Journal of Neuroscience juga menekankan bahwa manfaat belajar alat musik sejak dini bukanlah sekedar kebisaan memainkan alat musik saja, tetapi lebih daripada itu.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda