Rabu, 26 Juni 2019

Music Technology Lifestyle

Mendengar Musik Galau Ternyata Dapat Membantu Memulihkan Mood

Penulis :
Kamis, 04/09/2014 14.20.38 | Dibaca: 3255




Mendengar Musik Galau Ternyata Dapat Membantu Memulihkan Mood

http://mic.com/


CompusicianNews.com –Sains- Studi terkini ditemukan baik musik sedih maupun bahagia dapat menguatkan emosi anda. Musik sedih, bagaimanapun dihubungkan dapat membawa energi positif sedangkan lagu bahagia sedikit menigkatkan mood sedih. Secara signifikan, bagaimanapun juga, penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa penurunan energi positif ini tidak permanen maupun berbahaya

Saat seseorang mendengarkan musik sedih, mereka tidak hanya merasa nyaman dalam emosi mereka. Menurut VICE, banyak orang-orang yang emphatetik secara tipikal menikmati musik sedih. Musik sedih bahkan menawarkan kita suatu proxy yang aman untuk bekerja melalui perasaan kita sendiri dan menawarkan kita suatu kenyamanan bahkan saat kita kesepian dan itu tidak hanya disebabkan oleh liriknya saja namun juga karena jenis musiknya.

Pada tahun 2012, Adele memenangkan 6 penghargaan Grammy termasuk lagu balladnya yang menjadi favorit pada saat itu ‘Someone Like You’ karena dia telah menjadi ‘pundak’ bagi siapapun didunia yang sedang sedih dan menangis karena putus cinta. John Sloboda, professor psikologi musik di Guildhall School of Music & Drama, London, Inggris berspekulasi bahwa jenis lagu yang dinyanyikan Adele itu memiliki notasi yang unik yang disebut Appogiatura. Appogiatura merupakan notasi yang diucapkan dalam sedikit disonansi atau kejanggalan ke kord disekitarnya. Sebagai mahkluk yang prediktabilitas, disonansi yang tak terduga ini mengejutkan alam bawah sadar seseorang dan membangkitkan dorongan simpati. Ini juga memfokus ulang pikiran pada lirik sedihnya yang kuat dan akhirnya menjadikan seseorang ikut merasakan sedih seperti lirik yang ada pada lagu.

Tapi kenapa kebanyakan orang ingin merasakan kesedihan seperti itu? seorang cendikiawan membuat hipotesa bahwa musik yang sedih sebenarnya memiliki fungsi neurologis.

David Huron, professor sekolah musik di Ohio University berpendapat bahwa musik yang sedih membangkitkan keluarnya zat prolaktin dalam otak pendengar. Prolaktin merupakan zat kimia yang digunakan untuk membantu mengekang kesedihan karena zat ini juga dikeluarkan selama kegiatan dasar manusia, seperti makan, wanita saat menyusui dan saat melakukan hubungan suami-istri. Sehingga musik sedih sebenarnya mengaktivasi zat kimia yang dapat mengurangi kesedihan dan gagasan mendengarkan musik sedih memiliki keuntungan evolusioner yang dalam.

Hal itu cocok dengan apa yang psikolog temukan mengenai bagaimana emosi negatif membantu seseorang dapat bertahan hidup. Meskipun kita hidup dalam dunia yang mendorong kita untuk berpura-pura bahwa segala sesuatunya baik-baik saja tapi sebenarnya hal ini juga menyehatkan untuk fokus pada apa yang salah saat perasaan anda sedang galau sehingga kita dapat kembali ke energi positif

Mendengarkan musik sedih itu membuat kita fokus dengan apa yang membuat kita sedih dengan berempati dengan orang lain sehingga energy positi itu bisa didapat.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda