Rabu, 17 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mengembangkan Pola Pikir Kreatif Secara Sistematis

Penulis :
Jumat, 11/07/2014 10.03.05 | Dibaca: 3531




Mengembangkan Pola Pikir Kreatif Secara Sistematis

http://4.bp.blogspot.com/


CompusicianNews.com -Pendidikan- Ekonomi kreatif tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.  Seluruh industri memerlukan inovasi-inovasi terkini untuk tetap survive dalam pertarungan dunia modern.  Mencari pekerja kreatif itulah yang tidak mudah, karena pola pikir kreatif biasanya terjadi tanpa di sengaja (unintentional).  Artinya tidak secara sistematis dimasukkan dalam kurikulum pendidikan kita.

Dalam mengembangkan kurikulum kita mengenal apa yang disebut taxonomy.  Berasal dari kata taxis dan nomos, taxonomy bisa didefinisikan sebagai satu set aturan untuk menyusun dan dan mengatur. Dengan kata lain, aturan untuk membuat sebuah sistematika tertentu.  Tanpa aturan itu maka tidak ada pagar untuk menyusun dan mengatur/mengkategorikan.  Jadi secara alami saja terjadi.

Perubahan secara alami tidak bisa direproduksi dan itu bukan tujuan dari sebuah kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan dibuat sehingga output yang dihasilkan bisa terukur dan terus direproduksi dalam suatu siklus.

Untuk mengembangkan pola pikir kreatif, dunia pendidikan mengenal William Taxonomy.  Frank William mengembangkan 4 level berfikir kreatif mulai yang tertinggi Fluency, Flexibilitym Originality, sampai terendah Elaboration, dan juga 4 dimensi kreatifitas dari Risk Taking, Complexity, Curiosity,  Imagination.

William Taxonomy di gabung dengan pengembangan musikalitas dalam pendidikan musik akan mampu secara sistematis membantu pengembangan kreatifitas anak yang pada akhirnya membangun pola pikir kreatif yang terukur dan terarah.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda