Jumat, 19 April 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Jenis Bridge Pada Gitar

Penulis :
Jumat, 08/05/2015 09.00.00 | Dibaca: 23433




Mengenal Jenis Bridge Pada Gitar

www.audiopro.co.id


Compusiciannews.com -Instrument-  Bridge Gitar adalah bagian dari gitar yang berfungsi untuk menempatkan senar pada posisi yang benar, sehingga gitar dapat mengeluarkan sound yang indah didengar. Ada beberapa jenis bridge pada gitar, berikut penjelasannya.

Bridge Gitar Akustik

Gitar akustik menggunakan senar berbahan steel, oleh karena itu bridgenya berbeda dengan gitar aksutik klasik. Bridge gitar akustik mempunyai konstruksi khusus untuk membuat senar berbahan steel dapat menempati posisi yang tepat dan tidak mudah kendor.

Bridge Gitar Klasik

Gitar akustik klasik menggunakan senar berbahan nylon sehingga bridgenya dirancang khusus. Anda tidak bisa memasanng senar gitar berbahan steel pada bridge untuk gitar klasik, karena hal itu akan merusak bridge gitar anda. 

Bridge Gitar Elektrik

Khusus untuk gitar elektrik terdapat bermacam-macam jenis bridge. Biasanya merk yang satuakan berbeda dengan merk yang lain, karena tiap merk mempunyai variasi dan ciri khas sendiri. Tetapi sebenarnya kita bisa mengerucutkannya menjadi 2 kategori yaitu Fixed Bridge dan "Tremolo". Pada tremolo diberi tanda petik karena selama ini terjadi salah pengertian mengenai bridge jenis ini. Sebuah bridge pada gitar elektrik berfungsi mengubah pitch, sehingga nada dapat naik atau turun dan seharusnya disebut vibrato unit bukan tremolo.

Fixed Bridge

     

Bridge jenis ini banyak ditemui pada semua gitar elektrik. Baik pada gitar dengan bodi solid, semi-hollow, dan hollow-body. Terdapat banyak sekali model fixed bridge yang tersedia dengan aneka buatan, seperti hardtail (beberapa Ibanez), wrap-around (PRS), tune-o-matic (Les Paul), dll. Namun semua sistem fixed gear memiliki kesamaan, yaitu tidak dapat merubah pitch nada.

Fixed bridge masih menjadi favorit banyak gitaris, karena terbukti memiliki kestabilan yang mudah dan mudah melakukan maintenance, seperti set up action, tuning, dan intonasi.

Vibrato/Whammy

Sebagian orang awam menganggap gitar dengan vibrato bridge adalah gitar melody dan fixed bridge sebagai gitar rythm. Secara singkat, vibrato system  pada gitar elektrik dapat dibagi menjadi 2 tipe non-locking dan locking.

Non-locking yang paling mudah anda kenali adalah Fender pada Stratocaster-nya yang dapat mengadopsi sistem "2 pivot" maupun "vintage style 6 screw". Sedangkan yang lainnya pengembangan dari desain ini. 

Variasi lain dari vibrato system adalah tipe locking yang pertama kali dipopulerkan oleh Floyd Rose, sejak tahun 1980-an. Inovasi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan locking nut dan saddle, sehingga senar terkunci seluruhnya pada kedua sisi nut dan bridge. Hasilnya adalah tuning stability menjadi lebih baik dan anda dapat menaikan pitch tanpa khawatir senar-senar terlepas dari nutnya. Namun dengan konsekuensi gitar menjadi lebih kompleks dan rumit dalam maintenance jika dibandingkan fixed bridge.

 

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda