Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Materi Belajar Musik di PAUD

Penulis :
Minggu, 31/05/2015 09.00.00 | Dibaca: 2903




Mengenal Materi Belajar Musik di PAUD

themusicmoomy.com


Compusiciannews.com - Pendidikan - Bermain musik memang menyenangkan. Hal itulah yang juga dirasakan anak-anak yang belajar di PAUD. Diantara materi kegiatan belajar mengajar lainnya, musik lah yang paling membuat anak-anak bersemangat.

Bentuk pembelajaran yang paling lazim digunaka di PAUD adalah permainan musik secara bersama-sama atau yang lebih dikenal dengan istilah ansamble musik. Berbeda dengan ansamble musik pada umumnya, ansamble musik di PAUD cenderung menekankan pada unsur permainan yang digabungkan dengan musik dan tidak terlalu fokus pada segi ketrampilan bermusiknya.

Di level ini, anak-anak sedikit banyak akan belajar untuk fokus dan bertanggung jawab pada bagiannya masing-masing. Secara tidak langsung, kreativitas dan kemandiriannya pun akan ikut terlatih. Yang tidak kalah penting, anak akan belajar untuk menghargai keberadaan teman-temannya yang lain. Bagaimana masing-masing anak memang punya peran dan tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Nilai-nilai persahabatan, komunikasi, dan keakraban juga bisa terbentuk di sini. Anak pun akan belajar tentang bagaimana menciptakan musik yang harmonis, kompak, sekaligus menyenangkan.

Meskipun pada prakteknya anak-anak PAUD belum bisa menggunakan instrumen musik yang sesungguhnya, hal itu tidak jadi soal. Bahkan, sekadar lewat tepuk tangan, hentakan kaki, hingga nyanyian hasil meniru suara sang guru pun sudah cukup bisa membawa banyak kebaikan bagi pertumbuhan anak.

Sebagai contoh, anak-anak bisa diajak menyanyikan lagu "Ular Naga" sambil berbaris dan bergerak layaknya ular. Perkara artikulasi dan intonasi pun harus diperhatikan baik-baik oleh guru. Mode pembelajaran ini sama seperti yang disampaikan oleh Tetty Rachmi dalam bukunya "Ketrampilan Musik dan Tari" bahwa anak perlu belajar dengan melibatkan 8 intelejensi unik mereka. Musik yang diperkaya dengan kombinasi ritmik, melodi, lirik, dan gerakan dalam format kelompok akan memaksimalkan proses belajar anak.

Selain itu, Lili Levinovitz dalam karyanya berjudul "The Importance of Music in Early Childhood" juga menegaskan bahwa intelejensi musik sama pentingnya dengan intelejensi-intelejensi yang lain sehingga metode pembelajaran musik di PAUD memang sebaiknya lebih banyak diterapkan.

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda