Rabu, 20 Februari 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Perangkat DJ

Penulis :
Jumat, 04/04/2014 00.00.00 | Dibaca: 19756




Mengenal Perangkat DJ


 

Compusiciannews.com – Perangkat – Bagi anda yang berminat pada dunia Disc Jockey (DJ), mungkin ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenal peralatan-peralatan yang digunakan seorang DJ dalam penampilannya. Berikut beberapa peralatan DJ atau DJ equipments yang biasa terletak pada DJ Booth atau meja DJ, yaitu:

Turntable

Turntable adalah sebuah alat yang dapat memutar piringan hitam. Sekarang ini, produk-produk turntable sudah sangat canggih lengkap dengan fitur-fitur yang memudahkan seorang DJ dalam ‘menggarap’ lagu. Beberapa merek seperti  NUMARK TT-1400, VESTAX PDT 5000, GEMINI XL-DD5011 TECHNICS SL-1200 MK II, yang terakhir paling banyak diminati karena sistem mekanik yang simple dan sistem kecepatan pada motornya cukup akurat.

Berikut keterangan pada turntable TECHNICS:

 

 

 

 

 

 

 

1. Turntable Mat: Tatakan piringan hitam
2. Start/Stop buttons: Tombol hidup matinya turntable
3. Speed select button: Tombol pengatur RPM sesuai plat (45/33)
4. Stylus Iiluminator switch: Tombol Lampu menerangan jarum turntable
5. Headshell: Tempat catridge dan stylus dipasang
6. Picth Control Knob: Tombol pengaturan pada picth control
7. Reset Botton: Tombol riset
8. Center spindle: Pusat putaran (sumbu as)
9. Balance Weight: Pemberat untuk keseimbagan
10. Cueing Lever: Pengangkat arm
11. Power Switch: Tombol hitam pengatur tombol
12. Strobe Dots: Bintik-bintik pada sisi motor turntable
13. Turntable Base: Dasar dari turntable 
14. 45 RPM adaptor: Lingkaran kecil pusat putaran lubang lebih besar  
15. Stylus Iiluminitor: Lampu untuk penerangi turntable
16. Pilot Light: Pelacak kecepatan/lampu tanda on/off
17. Turntable Platter: Piringan besi dibagian tengah turntable
18. Arm Lock Knob: Tombol pengunci lingkaran tinggi lengan
19. Anti Skating Control Knob: Tombol pengatur anti-skating
20. Arm Clamp: Pengunci pada dudukan lengan nada
21. Locking Nut: Pengunci antara lengan dengan headshell
22. Picth Indikator: Angka petunjuk pada picth control
23. Tone Arm: Lengan nada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CDJ

CDJ adalah CD Player khusus untuk DJ, yaitu dilengkapi tombol CUE-ing dan pitch control hampir sama seperti turntable. Penggunaan CDJ sudah ada sejak tahun 1994 silam. Beberapa merek CDJ seperti Pioneer, Numark, dan Denon paling banyak diminati. Beberapa DJ mungkin lebih memilih menggunakan CDJ daripada turntable karena playernya yang lebih ringan, bentuknya simple, dan CD-CD yang lebih mudah dibawa.

Mixer

Mixer berguna ketika DJ ingin menggabungkan atau mencampur lagu. Beberapa jenis mixer juga bisa mengeluarkan efek-efek khusus dan mengatur volume pada mikropon. Mixer untuk DJ berbeda dengan mixer pada band atau studio rekaman. Mixer DJ umumnya terdiri dari: Channel Turntable (Phono), Tape (Line), Master Volume, Cueing Level (Headphone Monitor), dan fasilitas tambahan seperti: Equalizer, Crossfader, DJ Mic, VU, dan Display. Fungsi dasarnya adalah tempat masuknya sumber bunyi, mengatur volume, dan on/off tiap channel.

Headphone

Berfungsi memonitor lagu yang akan dikeluarkan dan saat kedua musik running. DJ cukup menggunakan headphone pada salah satu sisi saja untuk melakukan cue-ing atau speed hunting. Sedangkan sisi lain digunakan untuk memonitor lagu yang sedang dimainkan.

Microphone

Umumnya, microphone digunakan DJ untuk announching penampilannya. Namun, seorang DJ juga harus tahu cara menyetel atau adjusment volume, bass, trable, dan gain agar tidak terjadi feed back dan suara yang keluar pada speaker terdengar jelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Vinyl atau Piringan Hitam

Vinyl atau PH ibarat peluru bagi DJ dengan senjatanya adalah turntable. PH mempunyai kualitas, mutu dan ukuran yang bermacam-macam. Berdasar ukurannya, PH dapat dibagi menjadi dua. Long Play Record (ukuran besar) yang berisi banyak lagu dalam satu muka dengan ukuran standart 12 inch. Single Record (ukuran kecil) berisi satu lagi dalam satu muka dengan ukuran standart 7 inch. Sedangkan berdasar ukuran kecepatan motor atau RPM misalnya, 45 RPM untuk single record atau 12 single record dan 33 1/3 RPM untuk long play.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda