Minggu, 17 Februari 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Perangkat Looping Dalam Pembuatan Musik

Penulis :
Kamis, 15/05/2014 06.18.16 | Dibaca: 9204




Mengenal Perangkat Looping Dalam Pembuatan Musik

digitaldjtips.com


CompusicianNews.com – Perangkat - Looping merupakan alat yang biasa digunakan dalam industri musik. Loop dalam musik, mulai dari 7 hingga 30 detik atau lebih yang mana anda dapat mengeditnya sehingga dapat mengulang dengan mulus dari awal hingga akhir.

Banyak musisi yang menggunakan perangkat hardware atau software digital untuk membuat dan memodifikasi loops, yang berhubungan dengan efek musik elektronik. Mampu mengedit dan membuat loops membuat anda lebih fleksibel dalam membuat apapun dari custom beats dengan program pembuat beat untuk membantu band anda menjadi lebih bagus. 

Anda bisa menemukan loops digunakan dalam industry video game, halaman web, dan mungkin di presentasi powerpoin standar. Teknik ini telah merevolusi teknik perekaman dan pertunjukan langsung.Hal ini merupakan cara cepat untuk merekam musik. Namun demikian terdapat kekurangan maupun kelebihan ketika memproduksi musik menggunakan cara ini. Jika anda adalah musisi bervisi jauh, anda harus menyadari keuntungan dan perangkap yang berpotensi. 

Keuntungan

Baik musisi solo ataupun personel band, looping akan sangat membantu rekaman anda. Jika anda mencoba untuk merekam lagu yang tersusun dari pola melodi repetitive, riif atau  drum, anda dapat mengubahnya menjadi loop daripada harus memainkan bagian musik tersebut secara berulang-ulang. Karena jika anda mencoba memainkan musik secara berulang maka rekaman akan cenderung tidak sempurna. Membuat musik dengan cara ini lebih menekankan pada perkembangan melalui layering daripada focus pada bagian tertentu.

Kelemahan

Ketika menggunakan loops pada pertunjukkan musik live, terdapat resiko dimana anda sebagai musisi harus menyesuaikan dengan loops tersebut. Menggabungkan permainan musik drum secara langsung dengan loop drum membutuhkan drummer yang dapat bermain serentak dengan loops. Anda berisiko tidak dapat bermain musik dengan lebih menghibur. Terkadang mendengarkan musisi secara langsung lebih bisa dinikmati merkipun mungkin musisi melakukan kesalahan.

Karena musisi ceroboh menggunakan loops, pendengar biasannya dapat mengetahui perbedaan yang ada. Selain itu loops membuat suara seperti robot. Rekaman anda akan kehilangan unsure manusia yang menghidupkan musik anda. Jika anda membuat musik dengan loops maka anda akan kehilangan praktek yang nyata dan dapat kehilangan kecakapan dan keahlian anda.

Loop Musik di satu sisi memberikan manfaat, namun di sisi lainnya juga memberikan dampak yang tidak bagus. Namun demikian perkembangan teknologi semakin lama semakin meningkat, hal itu juga membawa banyak perubahan positif dalam dunia musik. Untuk itu tentukan mana yang bagus dan tidak bagi anda perkembangan kecakapan dan musik anda. 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda