Rabu, 19 Juni 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenal Proses Mastering

Penulis :
Kamis, 27/08/2015 09.00.00 | Dibaca: 2038




Mengenal Proses Mastering

billboard


Compusiciannews.com -Studio- Proses mastering merupakan langkah terakhir dalam proses rekaman. Proses mastering ini melibatkan pembuatan penyesuaian frekuensi yang baik dengan menggunakan equalisasi, meningkatkan gambar stereo untuk menambah dan memperkuat dimensinya dan dengan cermat menggunakan kompresi untuk menormalisasikan tingkat amplitude.

Proses mastering mampu memungkinkan track anda dapat mencapai potensial penuhnya dengan membuatnya ke sesuatu yang hangat, indah, besar dan terfokus, serta keras dan jelas pada waktu yang bersamaan. Ahli Mastering dapat melakukan tugas-tugas penting mereka, seperti penghapusan  suara bising, menyusun album track kedalam sequence terakhir dan  mencocokan menanamkan meta data, seperti IRC code sehingga track dapat sepenuhnya dipersiapkan untuk duplikasi komersil dan distribusi.

Berlawanan pada kepercayaan yang populer, proses mastering bukanlah suatu tongkat ajaib melainkan merupakan suatu yang fundamental untuk produk final yang teknik dan pemeliharaanya dijalankan selama proses teknik dan kreatif di segala aspek. Terdapat alasan yang bagus kenapa EDM, Rock dan Pop modern terdengar keras, hal ini dikarenakan musik-musik ini dibuat dari hari awal dengan efek loudness yang maksimal dan penulisan serta aransemennya merefleksikan track-track itu.

Untuk menciptakan track yang secara kompetitif keras dalam genre itu, tidak perlu menggunakan melodi atau layer yang rumit pada layer orchestrasi seperti yang anda temukan dalam musik klasik atau jazz; rekaman ini umumnya lebih tenang karena jenis rekaman musik ini sering memerlukan penekanan yang lebih besar pada pemeliharaan jangkauan dinamis.

Tiba pada proses mastering dengan ekspektasi realistis dan visi yang jelas untuk bagaimana anda menyukai suara track akhir anda. Proses ini kebanyakan menolong untuk menjaga beberapa track secara professional sudah masuk proses mastering dalam gaya dan genre yang sudah ada yang anda pakai sebagai materi referensi untuk perbandingan dan analisa saat mastering track anda sendiri.

Sementara proses mastering dapat menipiskan kekurangan kecil atau menonjolkan karakteristik yang baik dari track anda, proses ini ini juga memungkinkan untuk dapat menghasilkan master yang keren tanpa harus melakukan mix yang keren dulu. Anda harus meyakinkan bahwa semua track secara komprehensif seimbang, terekualisir dan ditempatkan yang benar dengan stereo yang memungkinkan masing-masing instrument atau suara memiliki sense tempatnya sendiri dalam spectrum frekuensi keseluruhan dan memaksimalkan kejelasan.  Mastering juga penting untuk memberikan headroom untuk menyediakan fleksibilitas selama proses dinamik yang digunakan selama proses mastering.

 

Pilihan Mastering

Jika anda sudah siap melakukan proses master track anda, saatnya untuk menyadari pendekatan yang harus anda ambil. Berikut ini 3 cara untuk mastering track anda:

  1. Analog Hardware

Dengan menggunakan analog hardware merupakan pendekatan yang lebih tradisional yang melibatkan penggunaan sirkuit analog untuk memproses track anda. Ini adalah cara yang luar biasa untuk memperoleh cara sounding master, baik itu modern atau vintage yang tentunya penuh dengan karakter analog dan kehangatannya.

Analog hardware berjalan secara eksepsional, baik untuk aransemen yang tersebar dan dapat menambah kualitas dari track keseluruhan. Jika anda memilih cara ini akan lebih ekonomis untuk menempatkan studio lokal yang memiliki beberapa alat yang menarik pada lokasi dan menyewakan tempat untuk proses mastering.

 

  1. Digital Software

Ini akan terlihat sulit untuk membayangkan seorang artis mastering rekaman mereka sendiri dalam sebuah ruangan 20 tahun yang lalu, kedatangan teknologi modern telah membuatnya lebih layak. Dengan menggunakan produk plugin mastering dari perusahaan seperti iZotope, sekarang memungkinkan untuk menciptakan master besar langsung dari kenyamanan studio projek anda, untuk masalah harga bisa di cek langsung klik disini.

 

  1. Layanan Online

Beberapa perusahaan seperti LANDR dan WaveMod yang memungkinkan anda secara otomatis master track anda dengan menunggah dan memprosesnya via website mereka. Pendekatan ini dirasa lebih murah dibanding menggunakan algoritma kompleks, yang dapat membawa track anda naik hingga level loudness yang kompetitif, penyesuaian kurva ekualisasi dan masih banyak lagi.

 

Ini penting untuk dicatat bahwa pendekatan ini tidak perlu eksklusif dan mungkin dapat digunakan dalam hubungan satu dengan yang lain jika diperlukan.  Masing-masing pendekatan memiliki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri, namun tergantung anda bagaimana memutuskan metode apa yang cocok dengan alur kerja, dana dan musik anda.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda