Senin, 22 April 2019

Music Technology Lifestyle

Mengenalkan Tampilan Layar Band in a Box - Part 1

Penulis :
Senin, 04/08/2014 16.16.50 | Dibaca: 4042




Mengenalkan Tampilan Layar Band in a Box - Part 1

compusiciannews


 

CompusicianNews.com -Learning Apps- Didalam Band in a Box ini banyak sekali menu dan ikon yang tersedia untuk kita dapat mengkreasikan ide musik kedalamnya dan kita akan membahas satu-persatu mengenai apa saja yang ada di tampilan software pembelajaran ini. Kita akan mulai dengan:

Status info Bar - Info status bar adalah bar di bagian atas layar di mana informasi tentang lagu yang sedang ditampilkan. Digunakan untuk menampilkan pesan status program yang sedang berjalan dan nama file lagu yang sedang dimuat.

 

 

Sedangkan tombol ukuran (sizing button), fungsinya untuk mengatur ukuran jendela kerja band in a box, apa saja kegunaannya ;

  • Tombol minimize untuk memperkecil jendela hingga membentuk ikon aktif pada taskbar.
  • Tombol maximize untuk memperbesar ukuran jendela kerja hingga menjadi satu layar penuh.
  • Tombol Restore untuk mengembalikan ke ukuran semula atau ukuran sebelumnya.
  • Tombol close untuk menutup jendela dan mengakhiri program aplikasi Band in a Box.

Tool Bar - Toolbar adalah sekumpulan icon shortcut (perintah pendek) berdasarkan kelompok. Bila akan melakukan perintah standart seperti membuka file, menyimpan file, menggandakan kalimat ataupun memindahkan kalimat maka akan kita dapatkan pada toolbar standart. Demikian juga dengan yang lainnya. Akan tetapi icon –icon tersebut tidak baku, kita juga dapat merubah ataupun mengelompokkan sendiri menjadi toolbar tersendiri. Baris menu (bar menu), berisi barisan perintah berupa menu, seperti - menu file, edit, style, options, play, lirik, melody, soloist, audio, GM, harmony, notation, windows, help.

 

Keyboard Area - Top of Screen adalah daerah di bagian atas layar. Apa saja yang ada di keyboard area ini, diantaranya adalah :

Task instrument, berisi instrument jenis instrument apa aja yang di mainkan dalam bentuk band, lagu yang kita pilih atau yang kita buat. Seperti combo, piano, gitar, bass, drum, melody, string, soloist, thru part.

 

 

 

Task audio, berisi pilihan untuk pengisian instrument pada melody dan soloist.

 

 

 

 

Pengaturan Part.

Track Bass / Drum / Piano / Gitar / String / Melody / Soloist dan Thru label ini disebut sebagai Parts. Yang kita butuhkan untuk mengubah atau mengatur salah satu bagian yaitu :

  1. Pilih Part (dengan mengklik mouse pada nama part). Kita juga dapat memilih sebagian keystrokes. Tekan Ctrl + 9 untuk memilih melodi misalnya.
  2. Ubah nilai pengaturan (ditampilkan di atas keyboard piano) baik menggunakan control arrows  atau dengan mengetikkan nomor.

Pengaturan volume, pan, reverb, chorus, bank0, dan LSD ada 2 cara :

  1. Klik kiri pada salah satu anak panah (control arrows) pengaturan akan berubah dengan penambahan sebesar lima. Klik control arrows dengan tombol kanan pada mouse untuk membuat perubahan dengan penambahan satu.
  2. Anda dapat memasukkan nilai-nilai angka dengan mengklik pada kotak nomor untuk membuka kolom Type in a number.

Selain itu kita bisa dengan cara klik kanan atau klik dua kali pada nama part (track) untuk memunculkan kolom setting yang bisa kita atur seperti gambar dibawah ini, dan kita bisa mematikan (mute – pada instrument yang kita mute tidak akan berbunyi) atau Solo (pada instrument yang kita pilih akan berbunyi sendiri sedangkan instrument lainnya tidak menyala). Mute warna : Merah, Solo warna : Kuning.

 

 

 

 

 

 

 

Piano Keyboard Display - Instrumen yang berbeda akan muncul ditampilan pada tiap bagian keyboard piano di layar selama lagu dimainkan / Play. Lihat gambar dibawah ini.

Saat di play maka tampilan pada piano keyboard display adalah di baris atas, yaitu gitar (hijau), melodi (merah), solois (pink) atas. Pada baris bawah, bass (coklat), piano (biru), dan string (abu-abu) juga akan ditampilkan.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda