Senin, 27 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Mengulik Berimbau, Alat Musik Tradisional dari Tanah Brazil

Penulis :
Sabtu, 20/08/2016 12.00.00 | Dibaca: 3847




Mengulik Berimbau, Alat Musik Tradisional dari Tanah Brazil

http://www.bahiaexperience.com.br


Compusiciannews.com - Instrument - Berimbau adalah alat musik tradisional dari Brazil yang digunakan dalam Jogo atau permainan dalam Capoeira. Capoeira sendiri merupakan seni bela diri yang diiringi dengan alunan musik. Beberapa alat musik digunakan dalam Capoeira, salah satunya adalah berimbau. Berimbau termasuk dalam jenis alat musik perkusi. Alat musik ini merupakan penanda paling utama di Capoeira yang menandakan Capoeira angola atau regional.

Berimbau berbentuk seperti busur panah yang melengkung dan memiliki beberapa bagian, antara lain:

  • Pau (verga): merupakan bagian gagang yang berupa tongkat kayu. Tongkat ini juga bisa dibuat dari kayu apa saja.
  • Arame: kawat yang digunakan untuk mengikatkan antara ujung dan pangkal berimbau. Terbuat dari senar melengkung dan tempat baqueta dipukul sehingga menciptakan suara.
  • Baqueta: alat yang digunakan untuk mengetuk berimbau. Berupa tongkat kecil yang terbuat dari kayu.
  • Cabaça (cabasa): berupa labu yang dikosongkan da diikeringkan. Bagian ini digunakan untuk mengeraskan suara arame.
  • Dobrao: terbuat dari batu dan digunakan untuk mengatur getaran di arame saat dieketuk.
  • Caxixi: terbuat dari rotan dan dibentuk seperti keranjang yang terbalik. Bagian ini menimbulkan suara-suara tertentu ketika mengetuk berimbau.

Selain itu, berimbau juga dibagi menjadi beberapa jenis. Terdapat 3 jenis berimbau jika dilihat dari ukuran cabasa dan suaranya. Besar kecilnya suara yang dikeluarkan akan berpengaruh pada ukuran cabassa. 3 jenis berimbau tersebut antara lain Gungga yang memiliki bentuk cabassa yang paling besar, Medio yang memiliki bentuk cabassa lebih besar dari viola akan tetapi lebih kecil dari gungga dan Viola dengan bentuk cabassa yang lebih kecil dari keduanya.

Jika dilihat dari cara kerjanya, berimbau cukup unik karena bentuknya yang sederhana. Suara berimbau keluar dari ketukan bateque yang diketukan pada arame sehingga menimbulkan getaran yang mengalir dan keluar melalui cabasa. Tidak hanya itu, pengguna berimbau bisa mengatur keluarnya suara dari berimbau dengan cara mendekat dan menjauhkan cabassa dari perut si pengguna. Selain itu, kencang atau renggangnya dobrao yang di tempelkan pada aramie juga berpengaruh pada suara dari berimbau.

Brazil memang memiliki permainan-permainan tradisional. Musik menjadi hal utama untuk mengiringi permainan tersebut. Salah satunya adalah Capoeira, yang merupakan sistem bela diri tradisional yang didirikan di Brasil oleh budak-budak Afrika milik para orang Portugis. Pada jaman dahulu, mereka sering latihan dan untuk mengiringi latihan, mereka menggunakan alat musik tradisional yang salah satunya adalah berimbau. Kegiatan ini pun dapat menghibur para budak Afrika ini untuk melepaskan kepenatan mereka tekanan orang-oang Portugis yang membawa mereka ke Brazil untuk dipekerjakan. Berimbau pun menjadi alat musik tradisional Brazil dan juga ciri khas dari permainan Capoeira.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda