Jumat, 24 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Microsoft Windows VS Mac Apple: Mana Yang Lebih Bagus?

Penulis :
Jumat, 25/04/2014 04.12.14 | Dibaca: 20243




Microsoft Windows VS Mac Apple: Mana Yang Lebih Bagus?

Lifehacker.com


 

CompusicianNews.com –Perangkat- Peperangan antara pengguna Mac dan Windows telah bergelora selama beberapa dekade dan perkembangan terkini dari perdebatan ini kembali diteliti dengan melakukan sebuah kuesioner pengguna untuk kedua sistem operasi ini.

Hasil  yang diperoleh disini adalah perbandingan antara Windows dan Mac dan perbandingan ini mencoba untuk mewakili kedua sistem operasi secara equal dan tidak memihak sistem operasi manapun, baik itu pengguna Windows atau Mac. Berikut ini fakta perbandingan dari pengguna Windows dan Mac:

 

1. Perangkat Keras Pada Mac Cukup Mahal Diperoleh

Banyak yang merasa harga perangkat pada Mac terlalu tinggi, tapi yang lain seakan menyama-ratakan tinggi-rendahnya harga dengan kualitas yang tinggi dan keuntungan yang diperoleh dengan berada dalam ekosistem Apple. Ya atau tidak anda rasakan poin-poin itu merupakan poin yang akurat dimana  perangkat pada Mac hadir dengan sejumlah batasan saat perangkat ini berbicara mengenai spesifikasinya. Jika anda ingin mengupgrade perangkat-perangkat didalamnya, seperti RAM, atau yang lain sebagainya, anda akan dikenakan biaya sebesar $2,499 atau hampir berkisar sampai Rp. 30.000.000 untuk Mac Pro, Reader (dan Sistem administratornya).

Jika anda menginginkan Mac yang lebih murah dari Apple, anda akan terjebak dengan komputer yang tidak dapat anda upgrade dan mungkin bagi anda yang gamer, anda tidak dapat menggunakannya. Tapi hal ini masih bisa diatasi jika anda membangun hackintosh untuk mengatasi masalah ini. Anda juga masih dapat menggunakan OS X karena anda akan memperoleh perangkat-perangkat yang luar biasa dengan harga yang lebih murah. Tapi ingat, perangkat ini bukan dari Apple jadi anda sendiri yang harus mengatasi segala perbaikan dan masalah-masalah teknis yang ada.

 

2. Windows Banyak Memiliki Software

Windows memiliki banyak software dimana sekitar lebih dari 50.000 aplikasi telah dimiliki dibanding Mac yang hanya memiliki 14.000 aplikasi saja. Dan tentunya, Windows Store juga menyediakan aplikasi tablet jadi angka itu tidak pas jika perbandingannya berdasarkan quantitas yang dimiliki dengan pengguna Mac.

Windows juga menawarkan beragam piluhan aplikasi yang lebih besar seperti Music Player, Video Player, IM Client dan masih banyak yang lain. Perlu diingat bahwa setiap aplikasi di masing-masing sistem operasi ini memiliki kehebatannya masing-masing.

 

3. Windows Menawarkan Fleksibilitas Yang Lebih Besar

PC Windows memungkinkan anda untuk dapat meng-upgrade dengan mudah sedangkan Mac tidak. Pengguna Windows juga memiliki keuntungan dari semua yang telah dibuat dari sistem. Apple sangat mudah ‘drop’ dengan aplikasi-aplikasi lama dan biaya maintenancenya pasti juga lebih mahal.

 

4. Mac memiliki Ancaman Virus Yang Lebih Kecil Dan Tidak Memerlukan Banyak Maintenace

Banyak orang yang dulu berargumen bahwa Mac tidak dapat diserang virus. Meskipun sekarang masih banyak orang yang berpikir demikian dan ternyata itu tidak benar. Tapi, ancaman virus pada Mac cenderung lebih kecil dan hampir semua pengguna Mac dapat mengatasi dengan baik dan mudah tanpa adanya proteksi dari Anti-Virus. Tapi hal ini tidak akan bertahan lama, tercatat Apple tidak memiliki reputasi baik dalam mengatasi masalah keamanan. Di sisi lain, Windows telah mengalami penderitaan dalam hal security yang sedikit. Meskipun Windows memerlukan  lebih banyak proses maintenance dan update dibanding Mac. Microsoft juga mengatasi masalah keamanan lebih baik dengan menciptakan Microsoft Security Essential.

 

5. Kedua Sistem Operasi Berjalan Dengan Baik Untuk Desainer.

Kembali di era 80an dan 90an, Mac memiliki reputasi yang terpercaya sebagai pilihan pertama desainer karena pilihan aplikasi desain dulunya merupakan pilihan yang superior dibanding apa yang anda miliki dalam Windows tapi sekarang, baik Windows maupun OS X memiliki fitur yang banyak untuk design app dan memiliki file dengan kompabilitas tinggi antara kedua sistem operasi. Hasilnya, Banyak orang akan lebih memilih Windows untuk proyek desainnya karena Windows memiliki kecepatan, kompabilitas serta support multi monitor yang lebih baik.

 

6. Windows Menawarkan Pengalaman Gamming Yang Lebih Baik.

Mac menyediakan pilihan yang kurang untuk para gamer dan game dapat berjalan dengan mudah di sistem operasi Windows dibanding saat berjalan di OS X.

Hal-hal diatas adalah yang perlu dikatahui ditengah-tengah perdebatan mengenai ‘Siapa yang lebih baik?’ masing-masing operasi sistem meiliki keunggulan dan kekurangan msaing-masing dan itu semua tergantung berapa besar budget yang kita miliki, jika kita berani keluar uang banyak, bisa memilih perangkat-perangkat Apple, kalau dana terbatas, Windows saja sudah culup bagus.

 

Lifehacker.com

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda