Sabtu, 20 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Music Laptop Orchestra, Pagelaran Musik Ansembel Dengan Instrumen Utama Laptop

Penulis :
Senin, 01/12/2014 11.06.12 | Dibaca: 2314




Music Laptop Orchestra, Pagelaran Musik Ansembel Dengan Instrumen Utama Laptop

www.uiowa.edu


CompusicianNews.com –Panggung- Para musisi dari University of Iowa hendak akan mengadakan sebuah ansembel musik yang formatnya sama seperti pertunjuklan ansembel yang lain kecuali  1 kunci hal yang berbeda, yaitu pada instrumen mereka.

Anda mungkin dapat mendengar suara gitar, drum, atau piano namun anda tidak akan melihatnya di panggung.

“Kami akan membuat musik dengan laptop,” kata asisten peneliti Laptop Orchestra, Jason Palamara.

Dimulai tahun ini, pertunjukan ansembel ini merupakan salah satu belasan pertunjukan nasional.

Laptop Orchestra yang diadakan oleh University of Iowa (UI) yang diberi nama LOUi, memiliki 10 anggota resmi yang juga menciptakan karya-karya untuk pertunjukan ansembel ini.

Selama pertunjukan, para musisi menghasilkan beberapa karya sound dan event dengan laptop mereka. Untuk memperkuat koneksi antara keystroke dan sound, sebuah speaker hemisphere multi-directional yang terlihat mirip dengan bagian atas R2-D2, diposisikan ke masing-masing musisi di panggung.

 “Kami menggunakan interface elektronik yang menghasilkan suara dalam real time,” kata director Lapptop Orchestra, David Gompper.

Suara-suara itu hadir dari library instrumen akustik, seperti suara suasana diluar gedung atau suara musisi sendiri. Siswa lulusan perkusi UI, Andy Thierauf berkata box cardus, bunga, pot, pipa dan alat-alat make up bisa menjadi instrumen berupa “Mainan perkusi.”

“Kami memiliki koleksi suara ini yang dapat kami gunakan untuk memanipulasi dalam berbagai cara,” kata Thierauf. “Kami dapat memperlambat untuk menjadikannya begitu sangat lambat atau sangat cepat, atau dapat membaliknya.”

“Banyak konsentrasi yang diperlukan dipanggung,” kata Jonathan Wilson, salah satu anggota ansembel.

“Dan kami tidak hanya memikirkan apa yang ada di panggung namun juga berkonsentrasi untuk hal-hal dibelakang,” tambahnya

Kegiatan di “belakang” selama pertunjukan berlangsung meliputi real-time coding atau memperbaiki komputer yang mengalami gangguan tapi tidak kehilangan konsentrasi pendengaran terhadap musik.

“Kami tidak menghapus proses musik sama sekali. Kami hanya mengubah media penyampaiannya,” kata Wilson.

Bahasa pemograman seperti ChucK dan Max/MSP memungkinkan ansembel menciptakan loops dan sebuah “permadani suara yang kaya,” kata Thierauf.

Jika anda WNI yang berada di Iowa dan tertarik untuk menghadiri pertunjukan ini, acara ansembel Music Laptop Performance ini akan diadakan di Riverside Recital Hall, 405N, Riverside Drive, Iowa City, 13 Desember 2014, jam 7.30 malam waktu setempat dan untuk informasi silahkan hubungiReach Laura Hordesky via alamat email: [email protected] atau hubungi 887-5407.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda