Senin, 18 Februari 2019

Music Technology Lifestyle

Musical Instrument Digital Interface

Penulis :
Jumat, 18/04/2014 00.20.51 | Dibaca: 3577




Musical Instrument Digital Interface

Research


 

CompusicianNews.com –Perangkat- Instrument Digital Interface atau disingkat MIDI merupakan standar teknis yang menggambarkan protocol digital interface dan connector dan memungkinkan beragam instrumen komputer musik dan perangkat lain yang berhubungan mampu terhubung dan saling berkomunikasi satu dengan yang lain. MIDI ini  juga merupakan pengembangan sistem yang telah menjadi katalistor dalam ledakan teknologi musik yang belum pernah terjadi akhir-akhir ini.

MIDI telah menaruh jaringan dan perangkat  instrumen komputer yang manjur dalam genggaman musisi yang amatir atau awam dalam hal teknologi dan telah menyediakan tool-tool baru yang hemat waktu bagi musisi komputer.

Sistem ini pertama muncul di tahun 1982 diikuti dengan persetujuan antar manufaktur dan pengembang musik elektronik untuk menyertakan set umum pada perangkat konektor dan digital code pada rancangan instrumennya.

Pada tahun 1983, spesifikasi MIDI 1.0 secara resmi dirilis oleh International MIDI Association atau penghimpunan MIDI dunia seperti Roland, Yamaha, Korg, Kawai dan Sequencial Circuit yang merupakan perusahaan musik elektronik yang sudah menggunakan instrumen  MIDI pada tahun itu.

Tujuan utamanya pada saat itu ialah menghubungkan dan memberikan interface ke instrumen dari manufaktur yang berbeda untuk mengedalikan fungsi-fungsi yang sama seperti note event, timing event, pitch bend, pedal information dll. Not, Patch change atau pedal diterapkan pada 1 instrumen akan menghasilkan efek yang sama pada instrumen lain yang terhubung dengan kabel MIDI, bahkan jika instrumen ini merupakan instrumen beda merk.

 Pada saat itu, MIDI memungkinkan programmer untuk menulis atau membuat MIDI sequencing dan perangkat editor atau librarian.

Meskipun beberapa kelas code yang telah ditambahkan ke spesifikasi  MIDI 1.0(International MIDI Association,1989) dan aplikasi MIDI telah bertumbuh pesat melampaui kejadian yang sebenarnya, dasar protokolnya tidak berubah.

MIDI adalah sistem yang mirip sekali dengan piano yang menggunakan synthesizer dan perangkat elektronik lain dan efek yang dihasilkan berasal dari instrumen itu sendiri.

Spesifikasi MIDI dimulai dengan mempersiapkan peryaratan hardware yang umum diperlukan. Masing-masing-masing MIDI-capable Instrument dilengkapi dengan transmitter dan receiver, meskipun  beberapa perangkat peripheral seperti sinyal prosesor hanya tersedia satu perangkat saja (transmitter atau receiver).

Interface-nya beroperasi pada 31.25 Kbaud Asinkronus (serial) transmission rate. Masing-masing byte terdiri dari start bit, eight data bit, dan stop bit untuk durasi keseluruhan 320 mikrodetik per byte, sementara aplikasi ini dulunya sudah cukup guna dari yang sudah direncanakan awal, terbukti bahwa perangkat ini sudah menjadi batu besar untuk menghasilkan data stream yang lebih kompleks dalam waktu yang tidak ditentukan.

Kabel-kabel MIDI menghubungkan semua instrumen dengan bantuan MIDI IN, MIDI OUT dan MIDI THRU jack. MIDI IN port menerima pesan MIDI yang datang, MIDI OUT mentransmisikan action dari keyboard ke keyboard atau komputer lain. MIDI THRU jack menyediakan salinan data yang langsung dikirim ke MDI IN jack, yang menyediakan kemampuan ‘saling terhubung’ (daisy chain)  pada beberapa instrumen dan perangkat supaya dapat teropersikan bersama-sama.

Action pada instrumen yang menyesuaikan pada MIDI yang spesifik akan secara normal mentransmisikan kode action ke MIDI OUT tapi tidak ke MIDI THRU. Banyak dari instrumen saat ini memiliki switch yang mengubah fungsi (MIDI THRU port ke MIDI OUT port.

Potensi besar MIDI direalisasikan saat jaringan instrumen dan perangkat musik lainnya terhubung ke komputer denga perantara MIDI interface. Fungsi dasar interface adalah untuk menyesuaikan kecepatan jam antara rata-rata spesifik dari perangkat MIDI dan komputer

 Koneksi interface mungkin sederhana sebagaimana 1 MIDI IN dan 1 MIDI OUT jack dengan informasi yang terdistribusi oleh metode ‘daisy chain’ yang sebelumnya sudah disebutkan. Jaringan MIDI ditujukan seperti gambar berikut

 

 

 

 

 

 

 

 

Di beberapa tahun terakhir ini, interface telah menjadi lebih terperinci dan menyediakan MIDI IN yang lebih banyak lagi dan MIDI OUT untuk jaringan yang lebih kompleks dan fleksibel, menggabungkan fasilitas-fasilitas untuk menangani beberapa perangkat input secara simultan, proses routing data untuk kabel yang spesifik dan generasi dan atau konversi code-code sinkronisasi waktu selama penggunaan video dan perlengkapan multitrack audio. Beberapa interface juga mampu untuk proses selektif dan atau remapping data MIDI.

Berikut ini adalah gambar perangkat  dari MOTU (Mark of the Unicorn) yang merupakan perusahaan yang memproduksi  perangkat lunak maupun keras  yang berhubungan dengan komputer musik. Perangkat ini bernama MIDI TImespiece AV yang menyediakan 8 MIDI IN dan 8 MIDI OUT dengan timecode dan port yang lain.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda