Minggu, 17 Februari 2019

Music Technology Lifestyle

Musik membantu Sistem Respon Syaraf Manusia

Penulis :
Kamis, 12/06/2014 15.46.50 | Dibaca: 1370




Musik membantu Sistem Respon Syaraf Manusia

http://www.scientificamerican.com/


CompusicianNews.com –Sains- Para ilmuwan telah meneliti skala kemampuan membaca dengan status sosio-ekonom. Tapi musik dapat menutup kesenjangan itu, menurut Nina Kraus dan koleganya di Universitas Northwestern. Tim dari Kraus telah menguji kemampuan auditor remaja yang berumur 14 atau 15 tahun yang dikelompokan berdasarkan status sosio-ekonom. Para peneliti mencatat gelombang otak pada anak-anak dengan EEG sebagaimana mereka saat mendengarkan silabel yang berulang-ulang terhadap suara background yang lembut dan saat mereka tidak mendengar apa-apa. Dan hasil yang diperoleh, remaja dengan daya akademik rendah memiliki respon yang lebih lemah saat mereka mendengarkan musik. Anak-anak ini juga dinilai lebih rendah dalam test membaca dan menjalankan memori.

Kraus berpikir pelatihan musik layak diuji sebagaimana musik menjadi sarana intervensi yang memungkinkan untuk membatu masalah seperti deficit auditori. Otak dari musisi yang terlatih membedakan dari non-musisi dan mereka juga menikmati keuntungan jangkauan auditori, termasuk persepsi berbicara yang lebih baik dalam kebisingan, menurut peneliti dari laboraturium Kraus. Para peneliti mengaku bahwa penemuan ini dapat dihasilkan dari perbedaan yang sudah ada yang mempengaruhi beberapa orang untuk memilih musik sebagai karir atau hobi, tapi mereka menunjukan bahwa studi pengujian menunjukan bahwa pelatihan musik  baik itu secara perorangan maupun kelompok dapat meningkatkan respon seseorang untuk berbicara.

Grup Krause baru-baru ini telah menunjukan bahwa efek ini akan bertahan abadi. Kraus telah mensurvey sebanyak 44 orang dewasa berumur 55 hingga 76 tahun dan ditemukan bahwa 4 tau lebih masa training dalam bermusik pada masa anak-anak mereka memiliki respon syaraf yang lebih cepar bahkan meskipun mereka sudah lama tidak memegang instrumen lebih dari 40 tahun.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda