Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Notel, Penyedia Tontonan Asing di Korea Utara

Penulis :
Selasa, 07/04/2015 14.43.05 | Dibaca: 1681




Notel, Penyedia Tontonan Asing di Korea Utara

engadget.com


Compusiciannews.com -Gadget- Di Korea Utara, gadget yang mungkin anda inginkan adalah Notel. Atau Notetel, sebuah kata yang mengupayakan penyatuan notebook dan televisi secara bersama-sama, dengan menggambarkan media player buatan Tiongkok yang sangat populer. Menurut estimasi dari Reuter, hingga setengah warga Korea Utara yang tinggal di perkotaan memiliki Notel yang tersimpan di rumah mereka. Sekarang hingga beberapa waktu terakhir, perangkat ini hanya tersedia di ‘Black Market’ atau pasar gelap, namun perangkat ini sekarang telah dilegalkan dan tersedia toko-toko yang dikelola Negara dengan harga US$ 50.

Para warga Korea Utara sepertinya melihat drama-drama Korea Selatan, film-film asing, video musik dan masih banyak lagi pada alat ini: umumnya itu merupakan hal-hal yang dilarang Pyongyang. Di Korea Utara sendiri tidak ada internet, sehingga kebanyakan warga Korea Utara memperoleh drama-drama dari Korea Selatan melalui jaringan Intranet Negara.

Seorang penyebrang dari Korea Selatan berkata kepada Reuters bahwa ini merupakan kapabilitas multifungsi pada Notel yang membuatnya ideal untuk menonton konten-konten yang dilarang, sementara mereka berpura-pura untuk:

“Menghindar supaya tidak tertangkap, banyak orang memutar DVD Korea Utara padahal mereka menyaksikan drama-drama dari Korea Selatan dengan menggunakan USB, yang dapat dengan mudah diperoleh. Mereka kemudian berkata kepada pihak berwajib, bahwa mereka sudah menonton film-film Korea Utara dengan Notel itu.”

Alat ini juga dapat diisi ulang melalui aki mobil, sehingga alat ini cocok dipakai saat berpergian.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda