Minggu, 17 Februari 2019

Music Technology Lifestyle

Nyaman dan Optimal di Ruang Kuliah Musik

Penulis :
Kamis, 23/10/2014 14.56.42 | Dibaca: 2295




Nyaman dan Optimal di Ruang Kuliah Musik

Desain Akustik Ruang Kuliah Musik Bagus Mazasupa


CompusicianNews.com -Pendidikan- Ruangan dianalogikan sebagai lingkungan buatan (built environment) dibangun untuk mendapatkan kenyamanan optimum dalam aspek kenyamanan termal, audio, dan visual. Teknik penataan akustik ruang merupakan salah satu usaha untuk mencapai kenyamanan audio. Ruang kuliah musik yang digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan pelajaran musik, sudah seharusnya memiliki tingkat kenyamanan audio yang optimum.

Test akustik ruang kuliah dilakukan dengan metode impulse response menggunakan perangkat lunak Dirac Versi 3.1 pada rentang frekuensi 125 – 16 kHz dan diidentifikasi dengan parameter akustik ruang; waktu dengung (Reverberation Time), distribusi tingkat tekanan bunyi (Sound Pressure Level), kejernihan musik atau clarity (C-80), dan inteligibilitas pembicaraan atau definition (D-50). Hasil treatment akustik diidentifikasi dan dirangkum sebagai berikut; waktu dengung (RT) berkisar antara: 1,32 – 1,61 s, C-80: 6,2 – 15,9 dB (kriteria -3 – +8 dB), D-50: 58,2 – 87,6%, dan distribusi SPL merata dengan selisih SPLmaks dan SPLmin < 10 dB.

Evaluasi subyektif dilakukan dengan memplayback sampel musik yang dipilih secara pasti berdasarkan perbedaan gaya dan periode. Didapatkan beberapa persepsi yang berbeda dari masing-masing pendengar tentang kondisi dengar di ruang 1.A Jurusan Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini, namun sebagian besar dari keseluruhan peserta evaluasi subyektif memberi nilai cukup baik (fair) pada semua gaya musik mengenai detail tiap instrumen yang digunakan. (Bagus Mazasupa)

loading...




nilai

Berguna
1


Berita Terkait :

Komentar Anda