Jumat, 19 April 2019

Music Technology Lifestyle

Oval, Handpan Unik yang Berperan Sebagai MIDI Controller

Penulis :
Jumat, 26/06/2015 13.05.13 | Dibaca: 1742




Oval, Handpan Unik yang Berperan Sebagai MIDI Controller

gizmag.com


Compusiciannews.com -Hardware- Apakah ini UFO? Atau semacam alat pijat meditasi? Atau mungkin wajan masak dengan penutup yang rusak? Bukan, ini adalah handpan digital Oval. Instrument yang ringan, portable dan tahan lama ini telah dirancang untuk memiliki pemutaran dan daya ergonomis seperti drum yang bergantung, namun dengan akses ke dunia sonic yang tanpa batas.

Oval dengan ukuran diameter 42 Cm, tinggi 12,5 Cm dan berat 3,1 Kg digambarkan sebagai generasi instrument musikal elektronik dan juga hardware open source yang memungkinkan pengguna untuk bermain, belajar dan menampilkan musik. Saat menghubungkan ke Smartphone, Tablet atau Komputer, perangkat MIDI Compliant USB berjalan dengan aplikasi pembuatan dan pembelajaran musik pada iOS atau dapat digunakan dengan segala macam perangkat kompetibel MIDI dan juga terdapat Bluetooth yang aktif.

“Oval ini merupakan MIDI Controller, namun dapat terhubung secara nirkabel via Bluetooth LE,” begitu jelas ahli suara Oval Juan Diaz kepada media Gizmag. “Baterai yang Built-in akan memberikan daya ke Oval Controller dan kapabilitas BT sehingga anda dapat memainkan Oval (terhubung secara nirkabel via Bluetooth ke Oval App dalam iPad atau segala macam sistem yang cocok) dengan tanpa kabel diantaranya. Anda dapat menghubungkannya ke semua sistem MIDI yang cocok dan menggunakan segala macam sumber suara yang tersedia dalam sistem itu.  Kami telah mencoba Oval dengan beberapa DAW yang berbasis Mac OS X dan saya telah mencoba Oval secara pribadi dengan Caustic dan Heat Synth dalam Android dengan kabel USB OTG pada tablet yang berukuran 7-inch.”

Paket pembelaaran ini dibangun kedalam aplikasi yang akan didukung oleh 8 buku catatan lama yang ditulis oleh Ravid Goldscmidt dari perusahaan yang bersangkutan, masing-masing diatur tuning-nya  ke tingkatan kesulitan yang berbeda-beda. Terdapat juga dukungan dari website dan komunitas untuk tutorial, suara dan komposisi, sebagaimana tantangan game mingguan dan kesempatan untuk bertemu dengan pengguna lain dan berbagi kreasi dan tips. Aplikasinya juga memungkinkan pengguna mengunggah suara mereka sendiri ke Oval, menambah efek, menyesuaikan sensitivitas pad dan loop atau merekam suara secara langsung.

Mesipun diketahui bahwa Oval memiliki sebuah mikroprosesor ARM Cortex M3 pada inti mesinnya, rincian detailnya pada  baterai lithium-nya diisi ulang lewat USB akan segera diumumkan. Diaz juga mengatakan bahwa perusahaannya berharap bahwa para pengguna menikmati beberapa jam playback yang berlanjut saat diisi ulang dan tim pengembang mentargetkan waktu isi ulang kurang dari 2 jam.

“Sebagaimana hari ini, Oval dengan Oval App untuk iOS merupakan instrument yang siap dimainkan sepenuhnya,” begitu jelas Diaz. “Kampanye pertama kami telah diumumkan, saat kami mencapai pendanaan, kamu akan bekerja secara aktif pada pengembangan Oval App untuk Android.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda