Rabu, 17 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Pandora dan Sony Capai Kesepakatan Mengenai Royalti

Penulis :
Jumat, 06/11/2015 11.37.13 | Dibaca: 1370




Pandora dan Sony Capai Kesepakatan Mengenai Royalti

billboard


Compusiciannews.com -Industri- Dengan mengesampingkan permusuhan yang sedang terjadi, layanan radio internet terbesar di dunia telah mencapai kesepakatan dengan music publisher terbesar di dunia. Pandora dan Sony/ATV baru saja mengumumkan pada minggu ini sebuah persetujuan lisensi langsung yang mengelakan cara layanan musik digital dalam mengakusisi penampilan.

Sementara detailnya belum rilis, press rilisnya menyatakan persetujuan jangka panjang yang memberikan royalti lebih tinggi lagi kepada Sony/ATV. “Kami percaya bahwa persetujuan  dengan Pandora merupakan langkah besar dalam arah yang benar untuk memastikan bahwa penulis lagu kami menerima kompensasi secara adil atas penggunaan lagu mereka dalam layanan streaming,” begitu kata Martin Bandier, ketua dan CEO Sony/ATV.

Sebagaimana juga dengan Pandora, percaya bahwa ‘ketentuan yang lebih besar’ merupakan salah satu keuntungan dari persetujuan ini. Sementara Pandora akan membayar lebih tinggi, Pandora telah mengunci tarif sahamnya untuk mengantisipasi kemungkinan fluktuasi kedepannya. Salah satu isunya adalah lisensi ASCAP Pandora yang sudah habis masa berlakunya pada akhir tahun ini dan pertanyaan lainnya adalah keputusan dari Copyright Royalty Board, yang akan diumumkan sebelum akhir tahun, dimana mereka akan menetapkan tarif untuk lagu-lagu  selama periode 2016-2020. Pandora telah berargumen tariff rendah begitupula dengan SoundExchange, yang mewakili label rekaman, berlawanan dengan berargumen untuk kenaikan tariff yang signifikan.

Penetapan tarif ini akan ditentukan oleh 2 organisasi yang mengontrol hak performance di Amerika Serikat, BMI dan ASCAP  yang berada dibawah Kementrian Keadilan. Selain hubungan sengit yang ada antara Pandora dan music publisher, setidaknya secara umum, ini bukanlah pertama kalinya Pandora menegosiasikan persetujuan lisensi secara langsung dengan Sony/ATV. Persetujuan pertama pada tahun 2013 lalu yang memberikan kepada music publisher 25% yang berjalan selama 1 tahun penuh. Persetujuan yang sama uga ditandatangani di tahun 2013 dengan Universal Music Publishing Group untuk BMI  dan BMG. Sebuah publisher dapat menegosiasi secara langsung dengan layanan digital karena lisensi BMI dan ASCAP tidak eksklusif.

Para investor bereaksi secara positif mengenai berita ini dengan mendorong Pandora menambah sahamnya sebesar 7% hingga US$12,62 dalam trading tengah hari. Selain keuntungan, Pandora juga mengalami penurunan hampir dibawa US$11,38 sejak 30 Oktober lalu dan 42.1% berada dibawah harga penutupan sebulan lalu sebesar US$21.80. Kebanyakan penurunan itu terjadi setelah perilisan data pendengar yang melambat dan membangkitkan isu kemungkinan Apple Music menjadi ancaman kompetitif yang serius.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda