Selasa, 22 Mei 2018

Music Technology Lifestyle

Pembuat Prosesor Nomor Satu Ini Dikenai Denda Karena Apple

Penulis :
Minggu, 28/01/2018 12.19.31 | Dibaca: 299




Pembuat Prosesor Nomor Satu Ini Dikenai Denda Karena Apple

reuters.com


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Salah satu perusahaan pembuat chip prosesor smartphone terbaik, Qualcomm, diketahui telah dikenai denda oleh European Union, atas tidakannya membayar Apple. Dilaporkan bahwa Qualcomm telah membayar Apple untuk secara ekslusif menggunakan produk dari Qualcomm dalam perangkat mereka.

Dikatakan bahwa Qualcomm telah membayar milyaran dolar kepada Apple dalam kurun waktu 2011 hingga 2016 agar Apple secara eksklusif menggunakan chip 4G buatan Qualcomm pada perangkat mereka. Margrethe Vestager, komisaris persaingan pasar European Union menyatakan dalam sebuah press rilis, “Tidak ada rival yang sanggup bersaing dengan Qualcomm di pasar ini, tidak perduli seberapa bagusnya produk mereka.” Dirinya juga menambahkan, “Tindakan ini merupakan tindakan ilegal dibawah ketetapan European Union, dan ini merupakan alasan kenapa kami mengambil keputusan seperti ini.”

Dalam hal ini, Apple pun tidak bisa berpindah supplier karena mereka masih dalam masa kontrak dengan Qualcomm. Jika kontrak ini dilanggar, maka apple akan dikenakan denda pembatalan kontrak. Namun pada 2016 saat kontrak mereka dengan Qualcomm berakhir, Apple mulai menggunakan chip 4G buatan Intel untuk perangkat iPhone 7 dan 7+.

Kasus ini mulai diselidiki oleh European Union pada tahun 2015 lalu. Qualcomm sendiri dituntut dengan denda sejumlah 1,2 triliun dolar. Jumlah denda ini senilai 4,9 persen pendapatan perusahaan tersebut pada 2017. Menurut Margrethe, denda tersebut diberikan sebagai peringatan bagi perusahaan lainnya untuk tidak melakukan tindakan serupa.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda