Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Pengenalan Sibelius

Penulis :
Minggu, 13/04/2014 06.51.03 | Dibaca: 7690




Pengenalan Sibelius

academia.co.uk


CompusicianNews.com – Notation – Sibelius adalah sebuah program software khusus untuk mengetik notasi musik berupa not balok. Program ini dipakai oleh para penggubah lagu, arranger, musisi, videografer, DJ, hingga penerbit lagu.

Biasanya, digunakan dalam menggubah atau mengedit musik klasik, jazz, pop, band, dan vokal. Sibelius dapat mengedit partitur dan memainkan hasil lagunya sebelum dicetak. Selain itu, not balok juga dapat ditulis tanpa mengetik tetapi dengan cara memainkan piano atau gitar yang terdapat di dalam program tersebut.

Jenis musik yang dapat didengar melalui gubahan Sibelius yaitu alat gesek, alat tiup kayu, brass, perkusi, gitar, piano, vocal, dan lain sebagainya.

Step 1

Untuk membuka program Sibelius dalam komputer, pertama-tama  adalah mengisntall program ini ke dalam komputer anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 2

Setelah software ter-install untukmembukanya silahkan tekan start pada komputer anda kemudian ketik “sibelius” dan klik pada gambar dan tulisan Sibelius atau lihat pada desktop komputer anda dan pilih gambar Sibelius.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 3

Setelah komputer anda selesai loading untuk membuka program ini maka kita akan mendapati tampilan awal pada program Sibelius ini, kita pilih cancel terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 4

Di sini kita dapat melihat hanya layar abu-abu saja, kita dapat membuat lembar scooring baru dengan menekan gambar kertas putih di ujung kiri kanan layar komputer anda, ini adalah untuk membuka new scooring.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 5

Kemudian apabila kita akan membuka file Sibelius yang sudah pernah dibuat atau berada dikomputer anda, silahkan menekan gambar buku yang terdapat disamping kanan gambar kertas kosong.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 6

Kemudian klik pada pilihan file, maka di sana kita dapat melihat beberapa pilihan yang dapat kita buka, kita dapat membuat new scooring, open file yang sudah ada atau kita dapat membuka langsung file yang terakhir kita buka atau kita buat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Step 7

Untuk menutup program ini kita dapat menekan file kemudian tekan pada pilihan terakhir dari file ini, yaitu pada tombol exit, atau tekan tanda silang pada pojok kanan atas pada layar komputer anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah, apakah anda sudah mencoba? Mudah bukan? Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang Sibelius, tunggu tutorial selanjutnya.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda