Sabtu, 20 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Penjualan Digital Musik Latin Alami Stagnasi Disamping Kesuksesan Gelaran Latin Music Awards

Penulis :
Kamis, 27/11/2014 10.54.28 | Dibaca: 1580




Penjualan Digital Musik Latin Alami Stagnasi Disamping Kesuksesan Gelaran Latin Music Awards

Ricky Martin tampil di ajang Latin Grammy Music Awards di Las Vegas billboard.com


CompusicianNews.com –Industri- Ajang musik tahunan Latin Grammy Awards yang ke-15 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat telah mengalami kesuksesan untuk rating televisi namun memberikan laporan penjualan musik yang mengecewakan di Amerika Serikat.

Pagelaran yang diakan tanggal 20 November 2014 lalu yang menampilkan beberapa penampilan artis seperti Pitbull, Calle 13, Marc Anthony dan Ricky Martin serta penyanyi-penyanyi latin lainnya, meraih 10 juta total penonton dan rata-rata 4,8 juta viewer menurut Nielsen.

Mungkin hal ini karena didukung dengan pidato Presiden Obama yang berkenaan dengan reformasi imigrasi yang ditayangkan secara langsung, yang berakibat menunda penayangan pagelaran.

Namun jika dilihat dari unduh digitalnya, jumlanya stagnan. Hanya 4 dari beberapa artis latin seperti Ricky Martin, Wisin, Yandel dan Camila yang dinilai meningkat jumlah unduhnya, yaitu sekitar lebih dari 1000 download. Track lain dari Pitbull “Piensas (Dile la Verdad),” feat Gente, masuk di posisi 15, meskipun pada saat acara Pitbull dan rapper Kuba itu tidak tampil bersama. (Pitbull tampil dua kali dan Gente D’Zona tampil bersama Enrique Iglesias).

“Adios” dari Ricky Martin merupakan penghasil terbesar. Lagu ini melonjak dari posisi 15 ke posisi 4 di tangga lagu Billboard Latin Digital Song, dengan menjual 2000 lebih unduh dibanding minggu-minggu sebelumnya. Performer lainnya, J Blavin, naik 2 peringkat dari posisi 5 ke posisi 3 dengan single terbarunya “Ay Vamos.” Meskipun kenaikannya kecil dalam hal pengunduhan, track ini menjual video klip yang cukup baik.

Santana yang tampil bersama Pitbull menampilkan  “Oye Como Va” masuk posisi 13 dan Calos Vives kembali ke posisi 24.

Stagnasi dalam unduhan musik latin ini masih menjadi misteri. Namun fakta bahwa nama-nama yang sama yang mendominasi penampilan sudah jelas menjadi faktor akan penyebab stagnasi ini. Jika penonton melihat beragam pertunjukan yang sama di televisi sebelumnya sepanjang tahun, tidak ada hal yang menonjol dari acara ini dan itu yang mungkin jadi jawaban misteri stagnasi penjualan digital di genre musik latin

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda