Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Perkembangan Musik Tiongkok di Indonesia

Penulis :
Sabtu, 14/01/2017 15.29.53 | Dibaca: 1107




Perkembangan Musik Tiongkok di Indonesia


-Fokus Utama-  Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang besar, terdiri dari 17.000 pulau terbentang dari Sabang hingga Merauke. Kondisi geografis ini membuat masing-masing pulau memiliki kebudayaannya yang unik. Namun dari beragam kebudayaan unik ini, ada satu kebudayaan pendatang yang membaur dengan kebudayaan lokal di masing-masing daerah di seluruh nusantara.

Budaya Tiongkok, merupakan budaya yang sudah cukup lama masuk ke Indonesia dan bahkan telah berasimilasi dengan budaya-budaya lokal. Budaya Tiongkok sendir sudah masuk ke Nusantara sejak abad ke 3 dan ke 4, mereka datang untuk berdagang dan akhirnya menetap sebagai penduduk dan berasimilasi dengan budaya lokal hingga sekarang. Hampir rata-rata budaya  Indonesia memiliki corak  Tiongkok, misal dalam  seni musik, instrumen Gamelan Jawa memiliki corak Tiongkok berupa ukiran naga yang identik dengna budaya Tiongkok serta beberapa alat musik lain yang juga bentuk dari asimilasi budaya Tiongkok dengan Nusantara.

Populasi etnis Tiong Hoa sendiri di Indonesia diperkirakan ada sekitar 7.67 juta (Sumber : World Economy Forum) atau sekitar 4-5% dari seluruh total penduduk Indonesia. Meskipun terhitung paling kecil dibanding etnis mayoritas yaitu  etnis Jawa yang mencakup sekitar 44%, pengaruh etnis Tionghoa ini cukup besar, khususnya dalam sektor ekonomi dimana hampir perusahaan swasta besar di Indonesia dimiliki oleh etnis Tionghoa. Meskipun secara presentase etnis Tionghoa merupakan etnis paling kecil jumlahnya, namun dari populasi, etnis Tionghoa di Indonesia adalah yang terbanyak dibanding dengan populasi di negara-negara lain, semisal Singapore yang mayoritas etnisnya adalah Tionghoa namun populasi etnis Tionghoa disana hanya berjumlah  2,7 juta.

Dengan dijadikannya Tahun Baru Imlek menjadi hari libur nasional, membuat pengaruh budaya Tiong Hoa yang sebelumnya dilarang di era orde baru menjadi semakin berkembang di era reformasi ini. Bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek, E-Magz Compusician kali ini akan membahas Budaya Tiongkok dari segi musik dan instrumennya. Selebihnya di Edisi E-Magz Januari 2017 "Musik Oriental" 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda