Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Platform Streaming Gunakan Metode Konten Eksklusif untuk Raih Subscriber Baru

Penulis :
Minggu, 29/05/2016 12.00.00 | Dibaca: 1267




Platform Streaming Gunakan Metode Konten Eksklusif untuk Raih Subscriber Baru

www.standard.co.uk


Compusiciannews.com -Industri- Semenjak album Kanye West terbaru dirilis secara ekslusif di Tidal pada bulan Febuari lalu, platform streaming milik sang rapper kenamaan Jay Z ini mengalami pertumpuhan pengguna yang berlipat kali ganda. Dan sekarang bertambah  sekitar 1 juta pengguna baru berkat album ekslusif Beyonce. Dari semuanya itu, Tidal mengalami pertumbuhan 3 kali lipat dalam 3 bulan.

Merupakan suatu pertumbuhan rata-rata 200% yang tidak terkira untuk ruang streaming. Namun apakah hal ini dirasa cukup untuk berkompetisi dengan Spotify dan Apple Music?

Saat ini Spotify memiliki 30 juta pengguna berbayar, Apple memiliki 13 juta pengguna berbayar dan Tidal, dalam perhitungan resminya yang dicatat pada Maret lalu, tercatat ada 3 juta dengan 1,5 juta penggunanya adalah pengguna berbayar yang membayar sekitar US$ 20 per bulan untuk fidelitas yang lebih tinggi. Namun hasil itu tercatat sebelum Tidal menerapkan strategi streaming eksklusif. Dan pada perkembangannya yang besar ini dalam pendaftaran, dengan menerapkan streaming ekslusif dari album The Life of Pablo milik Kanye West, telah menjadi metode yang serius dipakai untuk berkembang dan berkompetisi sukses dengan kompetitor-kompetitor yang lebih besar. Dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa album The Life of Pablo ini berhasil membuat jumlah subscriber Tidal berlipat kali ganda.

Media www.digitalmusicnews.com melaporkan gelombang jumlah subscriber semakin naik sehari setelah album baru Beyonce yang berjudul Lemonade dirilis di Tidal dan mengkonfirmasi bahwa layanan streaming ini berhasil memperoleh 1,2 juta pengguna baru (termasuk yang free trial) di minggu pertama perilisan Lemonade.

Rata-rata dalam satu bulan, Spotify dan Apple Music mengalami pertumbuhan sebesar 1 juta pengguna baru berbayar dan faktanya Tidal memperoleh pengguna baru sebesar 1 juta dalam seminggu dan  ini merupakan lonjakan besar untuk platform Tidal. Namun pastinya masih jauh untuk bisa melampaui Apple Music dan Spotify.

Pengguna baru akan makin banyak dengan konten-konten eksklusif. Apple Music sendiri saat ini juga menggunakan metode yang sama untuk menuai banyak pengguna baru. Salah satunya adalah album terbaru dari Drake yang secara ekslusif distreamingkan hanya di Apple Music dan dirasa cukup untuk berkompetisi dengan Tidal yang menyuguhkan konten eksklusif album dari Kanye West dan Beyonce.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda