Kamis, 18 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Recharge HP Dengan Suara

Penulis :
Kamis, 14/08/2014 07.00.00 | Dibaca: 1788




Recharge HP Dengan Suara

gizmag.com


CompusicianNews.com –Sains- Empat tahun lalu, pernah mendengar mengenai seorang ilmuan Korea yang mengajukan penggunakan suara sebagai charger telpon seluler. Mereka menjelaskan bahwa hal ini dapat dilakukan melalui efek Piezoelectic, yang juga dimaksud sebagai vibrasi atau getaran yang disebabkan dari suara yang dikonversi Zinc Oxide Nanowire. Pada saat itu, para peneliti tidak dapat menghasilkan aliran yang cukup untuk men-charge telpon seluler. Namun kini, ilmuan dari Nokia dan Queen Mary University, London telah sukses melakukan penelitian ini.

Seperti tim Korea, peneliti dari Nokia dan QMUL menggunakan Zinc Oxide dalam bentuk lembar kecil Nanorod. Seperti kasus pada bahan piezoelectric yang lain, Zinc Oxide menghasilkan aliran elektrik saat ditujukan ke tekanan mekanik (mechanical stress). Nanorod akan membengkok dalam responnya pada gelombang suara dengan menciptakan stress itu dalam proses.

Para ilmuan memulai dengan menyemprot cairan Zinc Oxide ke lembar plastik. Lembar itu kemudian ditempatkan dalam “campuran kimia” dan dipanaskan hingga 90ºC, yang membuat Zinc Oxide tumbuh dalam urutan nanorod.

Supaya dapat menghasilkan tegangan, lembar nanorod ditumpuk diantara 2 lembar kontak elektrik. Padahal kontak-kontak ini secara tipikal dibuat dari emas, para peneliti mengembangkan teknik pemotongan biaya yang memungkinkan mereka untuk menggunakan alumunium foil sederhana.

Prototype alat penghasil energy ini berukuran seperti Nokia Lumina 92 dan mampu menghasilkan hingga 5 volt dengan menggunakan “suara sehari-hari” seperti bisingnya lalu lintas, musik da suara-suara lain.  Volt sudah cukup untuk men-charge telpon seluler dan secara signifikan lebih tinggi dari 50 milivolt yang diatur dalam percobaan sebelumnya.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda