Selasa, 23 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Rieka Roslan, Sosok Penyanyi Dan Penulis Lagu yang Gigih Dan Tidak Menyerah

Penulis :
Jumat, 12/12/2014 21.42.27 | Dibaca: 2561




Rieka Roslan, Sosok Penyanyi Dan Penulis Lagu yang Gigih Dan Tidak Menyerah

compusiciannews


CompusicianNews.com –Kabar Selebriti- Rieka Roslan, wanita yang merupakan penyanyi dan penulis lagu kelahiran Sukabumi, 23 Januari 1970 ini merupakan mantan pentolan band The Groove yang terkenal dengan hitsnya ‘Satu Dalam Mimpiku’ ini memiliki cerita perjalanan karirnya yang cukup menggugah  dan menarik.

Dimulai dari kegigihannya untuk menampilkan karya-karya originalnya membuat dia ditolak oleh kebanyakan label karena kebijakan label saat itu melarang seorang penyanyi menyanyikan lagu originalnya sendir. Namun hal itu tidak membuat Rieka menyerah, penyanyi dengan aliran jazz dan soul ini bergabung dengan The Groove yang mengapresiasi karya-karyanya.

Namun singkat cerita, Rieka harus hengkang dari The Groove karena suatu masalah intern dan akhirnya saat ini dia bergabung dengan beberapa penyanyi seperti Andien, Yuni Shara, Nina Thamam, Iga Mawarni yang tergabung 5 Wanita dimana lagu-lagu yang dibawakan menunjukan kekuatan wanita Indonesia dalam berkarya. Selain itu  dia juga merekrut penyanyi-penyanyi baru bernama Luanada yang dia anggap memiliki suara yang unik, dan juga Matthew Sayer yang dia rekrut dari sebuah ajang talent search di salah satu stasiun televisi swasta.

Pada hari Jumat (12/12), tim Compusician mendapat kesempatan berbincang dengan Rieka Roslan mengenai industri musik. Menurut dia, industri musik itu seperti roda yang kadang naik, kadang turun dan dia yakin yang mampu eksis di dunia industri musik  adalah mereka yang memiliki karakter yang kuat dalam musiknya dan meskipun saat ini mainstream selera musik Indonesia berada pada genre musik tertentu, namun pastinya selera masyarakat berubah, jadi harus siap, naik siap turun dalam dunia industri musik maka dari itu musik yang dibawakan perlu memiliki karakter yang kuat supaya tetap eksis di dunia industri musik

Dan saat ditanyai mengenai industrialisasi gaya musik tradisional Indonesia seperti pada negara lain, contoh India dengan musik Bollywood dan gaya-gaya musik Amerika seperi Pop, RnB, Soul dan Jazz-nya, dia berpendapat bahwa dengan menyanyi lagu dengan Bahasa Indonesia sebenarnya sudah dapat  mengindustrikan budaya atau karakter Indonesia sendiri, hal itu terbukti saat dia Keith Martin mendengar suaranya saat bernyanyi dengan Bahasa Indonesia, Keith berkomentar kalau suara Rieka ini sangat khas Asia.

 

Dan dia juga berpendapat jika menggunakan musik tradisional jujur agak sulit karena tidak ada dukungan yang kuat dari media, dari pendapat ini peran media informasi cukup kuat untuk melestarikan budaya dan karakter Indonesia khususnya dalam bidang musik.

Dalam wawancara dengan tim Compusician, Rieka juga mengungkapkan rasa kekecewaannya karena ada kelompok musik tradisional  dari Jogja yang diklaim oleh sebuah perusahaan di Korea Selatan, padahal musik yang disuguhkan cukup unik dan dia berharap jangan sampai ada asset kita yang berhubungan dengan budaya diklaim lagi oleh negara lain.

Dalam akhir wawancara, Rieka juga berpendapat soal trend musik indie saat ini dan tidak bisa disangkal memang itu cara terbaik supaya para musisi dapat terus berkreasi. “Kalau ikut label itu kita berasa ‘diperkosa,’ karena kreativitas kita serasa dibatasi” ungkap pengarang lagu ‘Cobalah Untuk Setia’ yang dipopulerkan oleh Krisdayanti itu.

Dalam penampilannya nanti di Solo Rendezvous di Sunan Hotel, Rieka yang akan tampil dengan Matthew Sayer, Luanada dan Keith Martin itu juga akan menceritakan kisah perjalanan karirnya yang dapat mendidik para pemuda-pemudi di Kota Solo dan dia juga sudah mempersiapkan banyak kejutan yang akan dia tampilkan di acara Rendezvous besok malam

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda