Selasa, 19 Juni 2018

Music Technology Lifestyle

Saingi Spotify, YouTube Hadirkan Layanan Streaming Musik Berbayar

Penulis :
Selasa, 22/05/2018 14.14.59 | Dibaca: 110




Saingi Spotify, YouTube Hadirkan Layanan Streaming Musik Berbayar

YouTube


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Lama dirumorkan, layanan musik berbayar oleh YouTube kini telah dirilis. Situs streaming video tersebut mengumumkan bahwa tanggal 22 Mei mendatang akan menjadi debut bagi YouTube Music –sebuah layanan streaming musik mandiri yang menyediakan layanan gratis dan berbayar untuk penggunanya. Untuk layanan berbayar, pelanggan dikenakan biaya sebesar USD 9.99 atau sekitar Rp139.000,00 per bulannya, sementara layanan gratis akan didukung iklan namun tidak bisa dinikmati secara offline.

Fitur yang dihadirkan kurang lebih mirip dengan yang ada di Spotify maupun Apple Music seperti playlist, versi resmi dari jutaan lagu, serta layanan offline dan bebas iklan dengan cara berlangganan, namun dipadukan dengan kemudahan mengakses video klip dan konten video artis terkait yang ditawarkan YouTube.

YouTube Music tersedia dalam dua versi yaitu versi “mobile” dan “browser-based” dengan tampilan beranda yang mampu beradaptasi untuk memberikan rekomendasi dinamis berdasarkan riwayat, lokasi, dan aktivitas terkini pengguna.

Kepala umum bidang musik YouTube, Lyor Cohen dan kepala bidang produk musik, T. Jay Fowler mengatakan memang mereka ‘terlambat’, namun tujuan dirilisnya YouTube Music ini bukanlah untuk mencuri pelanggan dari Spotify melainkan lebih untuk memperkenalkan lebih banyak variasi streaming dan menarik lebih banyak penggemar musik yang belum pernah sama sekali bergabung dengan layanan streaming manapun.

Dilansir dari Rolling Stone, Cohen menyebutkan, “Kami berusaha membantu membangun hubungan dengan label (rekaman) dan menjalankan kerjasama dengan mereka. Dan kami mendengar mereka secara jelas menyatakan: Mereka menginginkan kami untuk berada di dalam bisnis, periklanan, maupun langganan. Karena mereka percaya masa depan bisnis kami dijalankan dengan dua mesin,”.

Fowler juga mengkonfirmasi bahwa YouTube Music akan menggantikan Google Play Music. Pelanggan Google Play Music akan mendapat akses ke layanan baru secara otomatis dan untuk saat ini “masih bisa mengakses seluruh musik yang pernah dibeli, unggahan-unggahan, dan berbagai macam playlist” sebelum benar-benar beralih mengikuti sistem YouTube Music.

Selain untuk menggaet lebih banyak pecinta musik yang belum pernah bergabung dengan layanan streaming sama sekali, YouTube Music juga menyasar para pengguna setia YouTube yang ingin seluruh video, musik, dan konten artisnya terpusat pada satu layanan saja. Memang YouTube dan YouTube Music merupakan platform terpisah, tapi keduanya akan memiliki data dan riwayat pengguna yang sama.

Selain menawarkan variasi streaming musik, para eksekutif YouTube Music juga berharap layanan ini akan mengirimkan sinyal positif kepada label rekaman dan artis yang pernah mengeluhkan tentang masalah pembajakan dalam layanan streaming video gratis YouTube.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda