Senin, 20 Agustus 2018

Music Technology Lifestyle

Sejenak Menyimak Tentang Bluegrass, Musik Tradisional Rakyat Amerika

Penulis :
Selasa, 25/08/2015 12.00.00 | Dibaca: 5435




Sejenak Menyimak Tentang Bluegrass, Musik Tradisional Rakyat Amerika


Compusiciannews.com - Sosial Budaya - Sekilas irama Bluegrass akan terdengar seperti musik country. Pasalnya, Bluegrass memang sebenarnya adalah salah satu sub genre dari musik country itu sendiri.

Mulanya, genre musik ini dimainkan oleh para imigran asal Inggris dan Irlandia yang tinggal di pegunungan Appalachian. Dalam satu kelompok yang memainkan Bluegrass, masing-masing instrumen punya kesempatan untuk memainkan melodi sendiri dan berimprovisasi.

Gaya musik yang satu ini berkembang sekitar pertengahan tahun 1940-an. Namun, tak seorang pun yang bisa mengklaim dirinya sebagai penemu Bluegrass. Salah satu ciri khas dari musik ini adalah penggunaan instrumen-instrumen seperti mandolin, banjo, biola, dan contra bass. Selain itu, terdapat pula harmonisasi vokal yang terdiri dari 2 atau 4 bagian.

Salah satu yang dikenal sebagai Bapak Bluegrass adalah Bill Moenroe. Hal ini lantaran pada masa itu Bluegrass menjadi format musik yang dibawakan oleh Blue Grass Boys yang dibentuk pada 1939. Kemudian di tahun 1945, muncul nama Earl Scruggs yang memainkan banjo dengan teknik three finger roll. Di tahun 1947, muncul pula The Stanley Brothers yang membawakan gaya musik seperti Blue Grass Boys.

Musisi-musisi tersebut kemudian digolongkan sebagai generasi pertama yang menggawangi perkembangan Bluegrass di pertengahan tahun 1940-an hingga pertengahan 1960-an. Dan setelah melewati beberapa dekade, pendengar musik Bluegrass pun semakin meluas. Label-label country pun banyak menelurkan album Bluegrass. Dolly Parton, Patty Loveless, Ricky Skaggs kembali muncul di tahun 1980-an hingga awal 1990-an membawakan musik Bluegrass.

Perkembangan yang terus-menerus mengakibatkan kemunculan sub genre dalam aliran musik ini. Bluegrass kemudian terbagi menjadi tradisional bluegrass, progresif bluegrass, bluegrass gospel, dan neo-tradisional bluegrass.

Tradisonal bluegrass adalah sub genre yang dibawakan oleh Bill Monroe dan Blue Grass Boys. Progresif bluegrass atau yang akrab disebut new grass diusung oleh Foggy Mountain Boys hingga Dixie chicks. Sementara, bluegrass gospel dengan lirik-lirik agamis menjadi ciri khas Doyle Lawson.

Dan yang terakhir adalah neo-tardisional, yaitu perkembangan irama terbaru dalam dunia bluegrass. Muncul di era 90-an, irama ini menjadi subgenre bluegrass yang paling banyak dibawakan musisi country saat ini.

Nah, penasaran dengan musik Bluegrass yang konon disebut-sebut sebagai musik tradisional Amerika? Simak saja video berikut ini!

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda