Minggu, 21 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Songsong IMTE 2015, SMI Unit Jogja Gelar Pelatihan Mixcraft 7 dan Pro Tools

Penulis :
Rabu, 08/04/2015 14.35.18 | Dibaca: 2546




Songsong IMTE 2015, SMI Unit Jogja Gelar Pelatihan Mixcraft 7 dan Pro Tools

compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Pendidikan- International Music Technology Exam akan diadakan pada akhir 2015 di seluruh Unit Sekolah Musik Indonesia sebagai salah satu agenda kalender pendidikan 3 in 1 methodology. 

Untuk mendukung perhelatan tersebut, salah satu unit Sekolah Musik Indonesia di regional tengah, yaitu SMI Jogja dan Olifant SMI Jogja, pada tanggal 30 Maret lalu mengadakan pelatihan internal yang diikuti tenaga guru pengajar privat, group dan MTL.

Pelatihan ini ditujukan untuk memperkuat dan mempertajam penggunaan software Mixcraft dan Pro Tools untuk IMTE serta panduan memperkaya ragam proyek siswa.

Sesi pertama diisi oleh tim ahli dan training PT SMI, yakni Budi Pasadena, dalam sesi itu membahas tentang fitur terbaru dari Mixcraft 7 serta keanekaragaman alur kerja yang lebih kreatif serta mudah untuk pemula. Disini banyak sekali diskusi dan tanya jawab mengenahi teknis, trik dan tips produksi musik yang mengarah pada electronic music production serta aransemen dasar musik populer.

Seperti diketahui semenjak Mixcraft 7 diluncurkan pada akhir 2014 kemarin, banyak sekali fitur menarik yang membuat para guru lebih tertarik dengan produksi musik menggunakan komputer. Berbeda dengan saudara tuanya "Pro Tools", Mixcraft dianggap mampu mengakomodir kebutuhan dasar aransemen, kemudahan tampilan dan dukungan teknis komputer yang ringan serta penggunaan Library Loop dan MIDI yang lebih bersahabat. 

Sesi kedua membahas sedikit tentang Pro Tools dan permasalahan teknis yang kadang ditemui pada saat membuat projek. Kali ini dua unit regional tengah ini berkonsultasi tentang projek yang sudah dibuat dan mencari solusi agar suara yang dihasilkan lebih bagus. 

Beberapa tenaga pengajar, baik lama maupun baru banyak sekali menanyakan tentang kurikulum IMTE yang baru. Mereka mempersiapkan kreativitas serta kemampuan menggunakan software ini agar anak didik mereka mampu melewati IMTE dengan lancar dan ada peningkatan kualitas proyek musik yang lebih baik.

Diakhir pelatihan, Budi Pasadena diundang untuk melihat studio rekaman SMI Jogja yang baru. Ruangan yang cukup manis, serta beberapa peralatan studio yang layak produksi menjadikan Sekolah Musik Indonesia menjadi solusi lengkap dalam pengajaran dan produksi musik. 

Musik tidak hanya sekedar dipelajari, dimainkan, namun juga harus membuat karya yang nyata sebagai eksistensi dan bukti kreativitas dalam bermusik.

Diakhir pelatihan Budi Pasadena berbagi tentang teknis musik produksi dan pengembangan proyek musik komersial untuk anak, diharapkan setelah IMTE sukses, SMI mampu menghasilkan anak didik yang memiliki kualitas produksi musik yang baik dan mampu menjadikannya sebagai bagian diri dari pelaku industri kreatif. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda