Rabu, 17 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Spotify Batalkan Akusisi SoundCloud

Penulis :
Minggu, 01/01/2017 12.12.05 | Dibaca: 1040




Spotify Batalkan Akusisi SoundCloud

billboard


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Pada bulan September lalu, media Financial Times melaporkan bahwa Spotify mengakuisisi kompetitornya yaitu SoundCloud. Perusahaan sudah dalam pembicaraan lebih maju dan jika berhasil, Spotify akan memegang posisi kuat untuk melawan kompetitor lainnya, termasuk Apple Music, Amazon Music Unlimited dan Pandora. SoundCloud bernilai sekitar US$ 700 juta dan pada bulan Juni lalu, perusahaan menaikan nilainya sebesar US$ 100 juta pada bulan Juni lalu termasuk Twitter.

Sekarang Financial Times melaporkan persetujuan akuisisi telah batal dan Spotify menggantikan fokusnya pada projek IPO-nya. Sebuah sumber mengatakan perusahahaan akan melambatkakan rencana IPO karena secara pertimbangan untuk mengakusisi SoundCloud sebelumnya. Alasan pelambatan ini termasuk biaya dan persetujuan lisensi SoundCloud.

Secara keuangan, saat ini Spotify sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan ditambah perusahaan melihat beberapa profit yang hilang, seperti bulan Agustus, perusahaan kehilangan Chief Revenue Officer Jeff Levick. Mereka juga kehilangan pimpinan penjualan mereka di Eropa Jonathan Foster. Sejak peluncurannya di tahun 2008, perusahaan belum merilis laporan keuntungan yang diperoleh.

SoundCloud adalah layanan streaming yang didukung oleh artis-artis indie dan saat ini SoundCloud memiliki sekitar 200 juta anggota dan 135 juta track musik. Seperti Spotify, SoundCloud belum mengalami keuntungan sama sekali.

Akuisisi yang sempat akan dilakukan diharapkan akan memperkuat kedua perusahaan dalam pertumbuhan pasar streaming. Dalam waktu 18 bulan, Apple Music saja sudah berhasil menggalang 20 pelanggan berbayarnya dan Spotify telah meraih 40 juta pengguna berbayar dan ini menandai 8 tahun perkembangannya. Selebihnya Google dan Apple dapat menghabiskan jutaan untuk periklanan sedangkan Spotify dan SoundCloud tidak

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda