Jumat, 19 April 2019

Music Technology Lifestyle

Spotify Kerjasama Dengan BandPage Tambah Fitur Baru Untuk Musisi

Penulis :
Jumat, 15/08/2014 15.45.38 | Dibaca: 1674




Spotify Kerjasama Dengan BandPage Tambah Fitur Baru Untuk Musisi

theguardian.com


CompusicianNews.com –Isu Terkini- Layanan musik streaming terbesar, Spotify telah menambahkan cara baru untuk para musisi menghasilkan uang, melalui kemitraan dengan perusahaan Amerika Serikat, BandPage. Mereka bekerja sama untuk memampukan para artis untuk menjual “VIP Experience” kepada para fans dari halaman profil Spotify mereka, termasuk akses ke konser eksklusif, meet and greet lewat Skype dan berbagi merchandise dengan edisi yang terbatas.

Artis penyanyi Country Miranda Lambert, penyanyi Pop Ariana Grande dan bintang penari Porter Robinson merupakan diantara musisi-musisi pertama yang menggunakan keuntungan dari fitur baru Spotify ini yang akan duduk disepanjang tiket dan penjualan pada halaman profil mereka.

Pengalamannya mirip dengan yang ditawarkan oleh para musisi sebagai bagian dari penggalangan dana pada situs seperti Kickstarter, meskipun dalam kasus ini, mereka lebih ke jual beli dibading menawarkan sebuah hadiah.

Spotify bukan layanan musik streaming pertama yang bekerja dengan BandPage. Pada bulan September tahun lalu, BandPage mengumumkan kemitraan yang sama dengan layanan Rhapsody. Lebih dari 500.000 musisi sudah memiliki profil di BandPage waktu itu.

Untuk peluncuran Spotify, para fans dapat melakukan pre-order album baru Grande dengan harga US$9.98 dan memperoleh akses ke stream online konsernya yang menampilkan lagu-lagu barunya; pengguna juga dapat melakukan meet and greet dengan membayar US$39.99 untuk bertemu Robinson selama tournya atau juga dapat membeli merchandise, seperti merchandise dari Adam Lambert, runner American Idol musim ke-8, berupa kaos seharga US$25.

Contoh lain mencakup band US Tea Leaf Green yang dimana fans dikenakan US$200 untuk berkolaborasi  lagu mereka bersama salah satu pesonilnya dan juga produsernya, dan masih banyak artis lainnya yang melakukan hal yang sama pada fitur baru Spotify ini.

“Dengan menawarkan fitur langsung ke penggemar ini merupakan perwakilan akan kesempatan yang besar bagi para musisi,” ketua pelaksana BandPage JSider berkata kepada media The Guardian, dengan mengutip laporan dari Nielsen Firm yang berpendapat bahwa area ini dapat bernilai US$ 2,6 Milyar per tahun bagi para artis.

Direktur layanan artis Spotify Mark Williamson berkata kepada The Guardian bahwa fitur baru ini akan tersedia di 9 negara, yaitu : Amerika Serikat, Inggris Raya, Irlandia, Australia, New Zealand, Denmark, Swedia, Norway dan Islandia dan kemungkinan negara-negara yang lain akan menyusul.

 

Kemitraan dengan BandPage ini membantu Spotify untuk keluar dari lubang dimana mitra Spotify sebelumnya yang menjual merchandise lewat profil, Tospin telah dibeli oleh lawannya, Beats Music pada awal tahun ini dengan akuisisi Beats oleh Apple.

Spotify berharap terdapat fitur baru, bersama dengan bagian tiket pada profil artis akan membantu memenangkan  dan membantu musik streaming pada umumnya.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda