Jumat, 19 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Spotify Sukses Raup 40 Juta Orang Sebagai Pelanggan Berbayar!

Penulis :
Selasa, 20/09/2016 12.00.00 | Dibaca: 1012




Spotify Sukses Raup 40 Juta Orang Sebagai Pelanggan Berbayar!

http://palembang.tribunnews.com/


Compusiciannews.com - Industri - Bagi yang aktivitas sehari-harinya tidak bisa jauh dari aplikasi musik, pasti tidak akan asing dengan layanan streaming musik yang satu ini. Spotify adalah salah satu aplikasi musik yang menyediakan berbagai lagu dari label rekaman dunia dan memungkinkan para pelanggannya untuk mengakses lagu-lagu tersebut secara gratis maupun berbayar. Jika pengguna mengaksesnya secara gratis, maka pengguna akan melihat tampilan iklan dari Spotify. Namun, jika pengguna bersedia berlangganan (berbayar), pengguna akan terbebas dari iklan dan dapat mengunduh lagu sehingga bisa didengarkan secara offline.

Siapa sangka, Spotify berkembang cukup pesat. Layanan streaming musik ini mengumumkan pencapaian terbarunya, yaitu Spotify sudah memiliki pelanggan berbayar hingga 40 juta pelanggan. Angka yang sangat menakjubkan. Pengumuman tersebut disampaikan oleh CEO dan pendiri Spotify melalui akun twitter pribadinya. Sebelumnya, di bulan Maret Spotify sempat mengumumkan pelanggan berbayarnya mencapai 30 juta orang. Pertumbuhan ini diduga karena kreatifitas Spotify dalam mengemas fiturnya dengan cara yang menarik. Fitur Release Radar, Discover Weekly, kategori musik anak-anak maupun kategori gaming disinyalir mendukung kemajuan yang didapatkan oleh Spotify saat ini.

Spotify berasala dari Swedia dan dirilis pada Oktober 2008. Sejak tahun 2006, layanan ini dikembangkan oleh Spotify AB di di Stockholm, Swedia dengan pendirinya yaitu Daniel Ek dan Martin Lorentzon. Di bulan Desember 2013, Spotify pun tersedia di Android, Blackberry, iOS, Linux, Microsoft, dan lainnya. Seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, semenjak dirilis, pengguna Spotify pun naik dua kali lipat sejak tahun 2012 lalu dan total 20 juta pengguna aktif. Maka tak heran jika kini Spotify memiliki pelanggan berbayar hingga mencapai 40 juta orang.

Pendiri Spotify mengembangkan layanan musik streaming ini lantara menganggap streaming adalah penyelemat dunia musik saat ini. Berdasarkan data pula, penjualan CD dan unduhan lagu menurun drastis sehingga Spotify diklaim sebagai salah satu cara melawan pembajakan.

Pada saat yang sama, pesaing Spotify yaitu Apple Music juga mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Seiring dengan peluncuran iPhone 7, Apple juga mengumumkan penambahan 4 juta pelanggan. Hingga saat ini, pengguna Apple Music pun mencapai 17 juta orang. Selain itu, Apple music berhasil mendapatkan pelanggan sebanyak 15 juta hanya dalam satu tahun. Angka yang menakjubkan pula. Pertumbuhan tersebut disinyalir adalah pertumbuhan paling cepat dari streaming musik manapun.

Bagaimanapun juga, kedua layanan streaming tersebut saat ini sedang bersaing dengan caranya masing-masing. Keduanya memimpin bisnis layanan streaming musik di dunia. Persaingan pun semakin ketat dengan konsep dan kreatifitas yang berbeda-beda. Spotify mengandalkan kemudahan mengakses dan berlangganan musik serta fitur-fiturnya yang unik juga kekinian, sedangkan Apple Music mengandalkan pada perilisan album eksklusf. Jadi, manakah yang menjadi layanan streaming musik favoritmu sekarang?

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda