Kamis, 25 April 2019

Music Technology Lifestyle

Teknik Bassline Pattern "Ten Walls Bassline" Dalam Musik Deep-House

Penulis :
Kamis, 12/03/2015 09.00.00 | Dibaca: 3151




Teknik Bassline Pattern "Ten Walls Bassline" Dalam Musik Deep-House

http://promusicproducers.com/


Compusiciannews.com -Instrument- Tutorial seri ini akan memberikan 7 pola bassline, progress, teknik yang umum digunakan dalam musik deep-house. Pada artikel ini akan memberikan teknik yang disebut "Ten Walls Bassline".

Dalam tutorial kali ini akan digunakan software Ableton Live 9 sebagai worksation, anda juga dapat menggunakan software DAW lainnya. Sound yang digunakan dalam tutorial ini kebanyakan berasal dari VSTs Massive dan Sylenth1. Dalam tutorial ini anda tidak akan hanya belajar pola bassline tetapi juga belajar membuat sebuah sequence midi. 

The Ten Walls Bassline

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh diatas menggunakan tempo 121 BPM dan nada dasar C minor. Pada teknik Ten Walls hal yang menjadi kunci adalah sound yang unik dari trombone/tuba. Pada contoh ini  kita akan menggunakan preset dari Synth Lead yang disebut Detune1 Reso Female Lead yang sudahada pada software Ableton Live 9.

1. Buatlah 2 bar dan isi dengan 5 nada C, nada pertama,ketiga dan kelima hit-nya tepat pada beat sedangkan nada kedua dan keempat tidak tepat pada beat.

Dan soundnya akan seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Sekarang kita membuat progres nada yang telah buat di langkah pertama tadi. Ikutilah gambar dibawah ini.

Kemudian sound anda akan berubah menjadi seperti berikut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Sekarang isilah ruang yang kosong di sela-sela setiap nada dengan nada yang sama tetapi dengan jarak 1 oktav lebih tinggi.

Sehingga sound berubah seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Sekarang panjangkan clip menjadi 4 bar dan isi dengan nada C secara penuh. Nada C yang panjang ini berguna untuk jeda sebelum memulai progress yang baru.

Dan sound yang dihasilkan akan seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Kemudian duplikatlah 4 bar tadi sehingga sekarang anda mempunyai 8 bar. Hapuslah nada-nada yang ada pada bar ke 5 dan 6, kita akan membuat hal yang berbeda dibagian ini. Bila di bar 1 dan 2 kita membuat progress nada keatas, sekarang di bar 5 dan 6 kita akan membuat progress nada kebawah. Buatlah nada G - F - D# - D - C dan tempatkan nada pertama pada oktav yang lebih tinggi. Hal ini akan memberikan aksen kuat setelah jeda 2 bar.

Dan sound akan berubah menjadi seperti ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Sebagai sentuhan akhir, di akhir dari bar keempat turunkanlah nada C menjadi 3 buah nada yaitu G - G# - A# 

Dan hasil akhirnya akan seperti ini

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda