Kamis, 25 April 2019

Music Technology Lifestyle

Ternyata Jadi Guru Musik Itu Profesi Seorang Musisi Lho!!

Penulis :
Kamis, 11/09/2014 11.41.15 | Dibaca: 6497




Ternyata Jadi Guru Musik Itu Profesi Seorang Musisi Lho!!

http://indraaziz.wordpress.com/


CompusicianNews.com –Industri- Musisi selalu diibarat sebagai sebuah profesi seseorang yang sering tampil di sebuah konser dan membuat lagu dan menjualnya ke label dan kemudian tampil di setiap acara tv dan kemudian jadi terkenal. Kenyataannya tidak demikian, Indra Aziz, seorang pelatih vokal ternama yang menjadi vocal coach resmi di ajang sekaliber Indonesian Idol dan X-Factor Indonesia ini menulis dalam blog wordpressnya, indraaziz.wordpress.com, mengenai profesi musisi yang  diluar projek rekaman atau yang bukan artis rekaman seperti yang diketahui banyak orang selama ini.

Berikut ini list profesi seorang musisi yang bukan artis rekaman versi Indra Aziz (Pendapatan yang tertulis ini sekedar gambaran saja dan belum akurat): 

Guru Musik Privat.

Salah satu karir yang populer di kalangan musisi professional adalah menjadi guru musik. Profesi ini menjanjikan penghasilan yang regular dan jam kerja yang terstruktur dari pagi hingga sore hari. Tempat kerjanya bisa di tempat kursus, guru datang ke rumah, bisa dirumah musisinya, hingga ke sekolah umum dan penghasilannya rata-rata, berkisar antara Rp.50.000-Rp. 500.000/jam.

Dosen Musik

Mirip dengan guru musik, namun untuk profesi ini seseorang harus memiliki gelar S2 musik dan mengajar di kampus yang meluluskan sarjana atau yang setara. Penghasilannya bisa mencapai Rp. 70.000 – 200.000/jam.

Pemain Kafe Reguler.

Profesi ini menuntut seseorang untuk hafal banyak lagu karena kadang mereka menyanyikan lagu yang diminta oleh pengunjung kafe. Biasanya durasi kerjanya antara 3-4 jam/malam dan penghasilannya antara Rp. 150.000 – 500.000/malam/orang.

Session Player

Mereka adalah musisi yang secara profesional bermain untuk bermacam-macam proyek (termasuk backing vocals). Dari bermain untuk orkestra, band pengiring acara TV, mengisi rekaman, mengiringi artis solo, dll. Session player profesional diwajibkan bisa membaca part notasi musik, karena seringkali harus bermain musik tanpa waktu latihan yang banyak apalagi waktu untuk menghafal. Penghasilan session player berkisar antara 1-3juta/proyek.

Wedding Band / Wedding Singer

Profesi ini juga cukup populer di kalangan musisi. Salah satu alasannya adalah karena dianggap “easy money”. Modalnya pakaian formal yang bagus dan koleksi lagu-lagu cinta. Durasi kerja antara 1,5-2jam dan mendapat makanan buffet pesta kawinan. Penghasilan di kisaran 500ribu-3juta/acara. Kadang Wedding band bekerjasama dengan wedding organiser sehingga setiap bulan bisa mendapat 8-15 acara.

Jingle Maker

Modal profesi ini lebih hi-tech karena memerlukan perangkat produksi seperti komputer, controller, DAW, dll. Konon satu jingle dengan durasi 30-60detik bisa mendapat antara 7-50juta. Tergantung reputasi si jingle maker serta besarnya biaya produksi. Bahkan untuk jingle yang merekam orkestra skala besar bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jingle maker senior bisa mendapat belasan proyek setiap bulannya.

Film Scorer

Profesi ini biasanya membutuhkan keahlian dalam orkestras. Bisa juga film scorer membayar seorang orkestrator untuk mengorkestrasi ide musiknya. Biasanya film scorer bekerja paling terakhir dalam timeline pembuatan film. Hal ini dikarenakan proses editing harus selesai dulu baru film scorer bisa membuat musik berdasarkan gambar film. Karena hal ini juga, film scorer harus siap dikejar-kejar produser harus cepat selesai karena kejar tayang. Penghasilan beragam. Bisa probono alias tidak dibayar jika membantu sesama teman idealis, hingga ratusan juta rupiah karena harus rekaman orkestra skala besar.

Music Director/Arranger

Umumnya setiap artis rekaman mempunyai music director atau MD untuk mengatur proses rekaman maupun konser live. MD inilah yang bertanggung jawab akan aransemen musik, gaya musik bahkan session player yang bermain dalam rekaman/konser tersebut. Selain bekerja untuk artis label, bisa juga bekerja untuk acara TV, misal talk show hingga award show, serta show performance seperti teater musikal.

Penulis Lagu

Seorang penulis lagu profesional memiliki koleksi lagu yang banyak yang bisa ia jual kepada label/artis/produser. Sistem penjualan lagu tersebut bisa sistem jual putus, yaitu menjual dengan harga fix tanpa royalti, atau bisa juga menjual dengan royalti. Penulis lagu hits yang terkenal lagunya bisa dibeli dengan harga puluhan juta rupiah. Ahmad Dhani saja beli lagu salah satu peserta audisi idol dengan harga 5-10juta. Biasanya jika sudah berhasil menelurkan satu hits, penulis lagu akan langsung kebanjiran order dari label.

Copyist

Mungkin ini salah satu profesi musisi yang paling jarang kita dengar. Copyist adalah seseorang yang bertanggungjawab merapikan serta membagi partitur yang ditulis oleh MD/Arranger/Orkestrator ke dalam format yang rapi sambil mengoreksi kesalahan-kesalahan dalam penulisan. Seringkali komposer atau arranger menulis dengan cepat sebuah partitur sehingga penulisannya perlu dirapikan oleh seorang copyist.

Teknisi Instrumen

Teknisi instrumen merupakan bagian dari kru sebuah acara musik. Tetapi teknisi memiliki skill khusus. Misalnya teknisi gitar, ia harus paham bermain gitar yang baik serta penataan sound yang tepat bagi si artis. Teknisi drum juga demikian, kalau ia tidak bisa bermain drum maka akan sulit menata letak drum sesuai layout yang sudah ditentukan dan ia juga harus soundcheck agar semua sesuai dengan kemauan artis. Biasanya teknisi digunakan oleh rockstars, bahkan terkadang teknisinya lebih jago mainnya dari rockstars-nya itu sendiri.

Musisi Konser

Ini mungkin salah satu profesi yang paling dihormati di kalangan musisi. Musisi konser adalah mereka yang memilih untuk hanya menampilkan musik mereka di dalam konser yang “proper” dengan musik dan musisi yang mereka anggap ideal. Biasanya musisi klasik dan jazz yang idealis memilih jalan ini. Selain konser, biasanya mereka mengajar dan hanya menerima sedikit murid yang mereka anggap berbakat. Tapi syarat untuk menjadi musisi konser ini yaitu tentu anda harus jadi seorang maestro betul-betul, kalau tidak, mungkin anda akan sengsara.

Selain seorang vocal coach resmi di acara pencarian bakat seperti Indonesian Idol dan X-Factor Indonesia, Indra Aziz sendiri juga seorang dosen vokal diKonservator dan Institut Musik Indonesia  Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang. Selain itu dia juga seorang pendiri dari situs vokalplus.com.

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda