Ricky Martin Dituntut Jutaan Dolar Atas Jingle Piala Dunia “Vida”

 

CompusicianNews.com –Industri- Bintang pop Latin, Ricky Martin sedang menghadapi kasus hukum atas lagu jingle Piala Dunia 2014 yang dia nyanyikan, berjudul Vida, dimana dia dituntut sebesar US$10.82 juta atau sekitar Rp. 117 Milyar karena dianggap sebagai lagu plagiarisme.

Sang penggugat, Luis Adrian Cortes Ramos, yang merupakan jebolan dari ajang pencarian bakat Idol di Puerto Rico, mengklaim bahwa dia telah mengajukan versi tracknya sebagai bagian dari SuperSong, yang merupakan sebuah kontes cipta lagu yang Martin dan eksekutif Sony Music luncurkan awal tahun lalu dalam pencarian lagu orisinil yang akan dipakai sebagai jingle kejuaraan FIFA Piala Dunia di Brasil bulan Juni-Juli lalu.

Luis Ramos

Menurut dokumen yang diberikan di pengadilan Puerto Rico minggu lalu, orgeniser kompetisi itu berjanji bahwa komposer yang menang akan diperkenalkan da dia akan diberi penghargaan atas kinerjanya tapi Ramos, mengaku tidak pernah ada pernyataan demikian dari pihak acara.

Dia mengira single-nya gagal masuk kualifikasi yang diinginkan pihak acara di bulan Januari, tapi kemudian dirilis oleh Martin sebulan sesudahnya, tanpa sepengetahuan dan seijinnya.

Pengacaranya berkata “Ramos terkejut karena lagu yang dibawakan hampir sama dengan yang dia ciptakan. Sampai saat itu, Ricky Martin adalah idola bagi Ramos.”

Perwakilan dari Ricky Martin  menolak untuk berkomentar secara langsung mengenai sengketa ini. Sengketa ini juga mengenai credit yang ditulis dimana lagu Vida ini ditulis oleh Rick Martin, Salaam Remi dan Elijah King dan diproduseri oleh Remi yang muncul dalam album “One Love, One Rhythm” yang merupakan album resmi Piala Dunia 2014 Brasil di bulan Mei. Berikut video klip “Vida” yang menjadi sengketa antara Ricky Martin dan Luis Ramos

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *