Roland VP-330, Memberikan Efek Suara Robot

 

CompusicianNews.com –Live Performance- Vocoder seri  ini merupakan instrumen paling keren. Vocoder sendiri membentukfungsi envelope dan filternya dengan melalui berbagai sumber suara yang ada didalamnya, suara anda atau bahkan drum loop dapat digunakan dan kemudian diaplikasikan ke sumber suara yang lain, secara tipikal seperti synth pad dan perangkat ini menciptakan suara yang unik dan suara yang mirip robot.

Disamping dari 10-band vocoder, seri VP-330 telah menambah bagian string synth, choir dan suara manusia yang keduanya cukup baik kualitasnya. 3 suara bagiannya menaarkan beberapa preset yang berbeda yang dapat sedikit diubah dengan de-tuning dan vibrato. VP-330 merupakan salah satu Vocoder terbaik dan meskipun ada banyak jenis vocoder lain, tidak ada yang sebaik seri ini.

Seri VP-330 ini telah diproduski sejak tahun 1979 dan 1980 dengan 2 versi yang berbeda, yaitu MK1 bersuara lebih jelas sedangkan MK2 bersuara lebih hangat, namun kedua versi ini memiliki suara yang mirip.

 

 

 

 

 

 

Roland SVC-350 merupakan versi rackmount atau server efek suara dari VP-330 dengan tampilan yang lebih modern dan bagia grafik EQ. vcoder ini telah digunakan oleh beberapa musisi seperti William Ørbi, BT, Styx, Kitaro, Underworld, Meat Beat Manifesto, Uberzone, Air, Roykosopp, Pink Floyd, Vangelis, Tangerine, Dream dan masih banyak lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *