Ruach Music, Cajon Baru Karya Seorang Remaja

 

CompusicianNews.com –Instrumen- Suara perkusif dari keluarga cajon de embalaje dan mengeluarkan ritme telah menemani musik tradisional selama bertahun-tahun. Sering disebut juga sebagai drumkit in a box, banya dari contoh saat ini hadir dengan suara built-in snare, bass drum pedal attachment dan segala tatanan aksesoris jingle-jangle, namun instrumen dasarnya masih melekat pada leluhur Perunya. Remaja pembuat Cajon Stephen Henderson telah mendesain dan membangun seri baru dari box kayu dengan 5 cara mekanisme dan kick pedal yang terintegrasi.

Legenda aslinya berasal dari para budak Angola, Afrika yang menjadi budak di Peru pada abad ke 18 dimana mereka menggunakan sebua box untuk komunikasi sederhana dan sampai sekarang, Cajon ini dikenal sebagai instrumen yang berasal dari akar budaya Latin Amerika Selatan yang telah berkembang hingga ke penjuru dunia.

Terdapat berbagai variasi tema, tapi cajon modern terdiri dari 6 sisi yang berbahan dasar kayu yang kuat karena cajon ini dimainkan dengan cara diduduki oleh pemain dari atas dan kemudian pemain itu menabuh bagian depan dengan tangan telanjang, stick atau dengan brush. Ditangani oleh seorang ahli ritme seperti David Kuckherman, sebuah box kayu yang terlihat biasa dapat menghasilkan suara perkusi yang indah

Banyak “beatbox” modern memiliki kabel yang terbentang yang digunakan untuk menghasilkan suara drum, namun sang pembuat Stephen Henderson yang berasal dari Irlandia Utara, telah mencari masalah dari cajon elektrik yang sekarang banyak dipakai dan Cajon-cajon ini kadang menghasilkan suara yang fales.

“Para pemain perkusi menyuarakan frustasi merkea dengan Cajon kayu denderhana sebagaimana mereka susah menghasilkan nada yang konsisten dari Cajon elektrik yang mereka pikir ada sistem baru yang menawarkan banyak hal pada mereka,” Kata Henderson. “Saya sudah atur mengenai perancangan gaya Cajon yang akan mendukung instrumen, baik itu secara musikal dan secara estetik.”

Henderson sendiri memulai merangkai Cajon ini di tahun 2011 saat dia berumur 16 tahun dan kemudian di didekati oleh banyak musisi untuk membuat Cajon dengan fitur spesifik yang kemudian menjadikan hobinya ini menjadi suatu bisnis. Dia membuat Ruach Music beberapa tahun yang lalu (Nama ini diambil dari Bahasa Ibrani yang memiliki arti angina/nafas/roh – “seperti pada kitab injil perjanjian lama, Kejadian 1:2 yang berbunyi ‘Roh Tuhan melayang-layang diatas permukaan air,’ yang menghasilkan frekuensi dan disitulahmuculnya sejarah musik pertama,” kata Henderson) dan hingga saat ini dia telah menjual sekitar 400 MK Cajon.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *