Seaboard Grand, Instrumen Unik Karya Lulusan Harvard

 

Compusiciannews.com -Instrumen- Dirancang oleh perusahaan dan lulusan Universitas Harvard dan Royal College of Art, Roland Lamb, Seaboard GRAND secara esensial mengubah piano kedalam “one continuous touch surface” atau satu sentuhan permukaan yang terus menerus, memperluas jangkauan ekspresif melampaui apa yang mugkin keyboard konvensional sudah miliki.

Keynya sangat fleksibel dibawah sentuhan pemain untuk volume tekanan sensitive dan penyesuaian timbre serta modulasi pitch yang dinamis.

“Permukaan keywaves-nya sangat lembut untuk disentuh dan sangat responsive serta memuaskan” papar Rol saat wawancara dengan majalah Gizmag. “Bounceback dan tensility alaminya hampir seperti kulit manusia saat disentuh dan sensitivitas yang diberikan memungkinkan gerakan fisik menjadi sehalus mugkin” tambahnya

Perangkat ini memberikan respon alami saat ditekan keras yang membuatnya lebih intuitif untuk digunakan dibanding keyboard tradisional. Semakin keras anda menekan, semakin keras pula volume yang dihasilkan, tapi anda akan merasakan perbedaan yang nyata dalam penekanannya melalui respon alami pada perangkat ini.

Ribbon sentuh yang sensitive berjalan pada interface atas dan bawah untuk kontrol pitch yang tepat  dan ada rotary tengah atas yang berlangsung terus menerus dan beringsut pada status light LED dan memungkinkan pemain untuk bergerak diantara 12 instrumen preset yang sudah default.

Khusus untuk Mac (OS X 10.7 atau diatasnya) perangkat lunak pada Seaboard Grand dapat digunakan untuk memodifikasi preset atau yang baru dari awal, yang kemudian dapat diunggah ke SoundDial melalui koneksi USB.

Perangkat lunak ini juga memungkinkan pemain untuk fine tune dengan mengatur respon yang ada pada interface sentuh. Untuk versi windows saat ini sedang dalam tahap pengembangan

Fitur instrumentnya berupa on board audio synthesis engine yang disebut Equator yang memungkinkan GRAND menghasilkan suaranya sendiri yang dapat didengarkan via headphone yang tertancap pada audio jack yang berukuran 3.5 mm atau melalui amp tambahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *