Sejarah Lahirnya MPC Dari AKAI

 

Compusiciannews.com -Hardware- Seri MPC dari AKAI telah membawa sample dan MIDI Sequencer ke kalayak ramai pada era 80an. Dalam prosesnya, MPC ini telah mengubah suara musik popular dan cara musik dibuat. Dan dengan cepat, mengikuti perilisannya, MPC ini telah menjadi sampler untuk menciptakan musik yang berbasis sample heavy beat. Desain yang inovatif, stabilitas, dan kualitasnya yang kuat membantu menjadikan MPC ini legenda, tapi kekuatan yang sebenarnya dari seri MPC ini adalah pada musikalitasnya. Feel dan groove yang dapat diperoleh dengan mengayunkan fungsi pada mesin-mesin ini telah dikenal baik dalam siklus musik elektronik selama bertahun-tahun.

Cerita ini dimulai dengan Roger Linn, yang karyanya berupa Drum maschine telah merevolusionairkan dunia mesin drum di tahun 1981. Drum dari Linn ini dulunya merupakan mesin drum pertama yang memiliki fitur sample suara drum yang telah menangkap imaginasi para musisi dan menjadikannya sinonimus dengan suara musik popular di era 80an dan menciptakan reputasinya sebagai duta innovator dalam dunia instrumen musik elektronik.

Inovasi berikutnya adalah Linn 9000, drum sampling maschin all-in-one pertama didunia dan MIDI Workstation (Bersamaan dengan dirilisnya Sequential Circuit Studio 440). Sayangnya, perkembangan problematiknya membuat perushaannya, Linn Electronic bangkrut dan hal ini membuat Linn harus berkolaborasi dengan perusahaan elektronik besar dari Jepang yang disebut AKAI dan mulai sejak itulah dia menciptakan seri MPC. Dan ini sekali lagi membawa Linn kembali menjadi salah satu tokoh revolusi musik di tahun 90an

Banyak inovasi desain Linn 9000, seperti rubber drum pad, yang berfungsi 2 sekaligus, sebagai drum maschine dan sequencer dan sejak itu juga, pemasaran MPC ini stabil, tidak seperti Linn 9000 yang membawanya dalam kebangkrutan. Sampai sekarang produk MPC ini menjadi standar industri yang relevan.

Berikut ini beberapa seri MPC sejak kolaborasi Linn dengan Akai:

Akai MPC 60

MPC 60 adalah seri pertama yang dibuat dan dirilis pada tahun 1988. Memiliki 12 bit, mono, 1 engine suara polyponic dan 99 track sequencer. Juga terdapat 16 velocity-sensitive rubber pad dan layar LCD.

Memori yang dimiliki sebesar 750KB (13.1 detik) yang dapat di-upgrade hingga 1.5 MB. Juga memiliki 2 MIDI Input dan 4 MIDI output yang mempukannya untuk mengendalikan semua produksi studio MIDI hingga 64 MIDI Output Channel. Storagenya berupa 3,5” Floppy yang dapat menampung data sebesar 720 KB. Unit ini telah dirilis kembali di tahun 1991, yang merupakan satu-satunya perubahan besar dimana perangkat ini menjadi case plastic yang lebih kecil dan juga terdapat tambahan headphone output. MPC 60 Sequencer (Tanpa mesin drum dan sampler)  ini dijual sebagai unit standalone yang disebut ASQ10, yang kemudian disebut AKAI MPC 3000.

 

Akai MPC 3000

Mengikuti kesuksesan MPC60, Roger Linn diterima untuk merancang MPC3000. Seri ini memasangkan MPC Sequencer dan Pads ke 16 bit, 32 Voice Stereo Sampling Engine, berdasarkan pada S3000 rack sampler yang popular. Memori dan penyimpanannya juga menerima upgrade dengan maksimum RAM 32 MB dan floppy dengan desitas tinggi serta koneksi SCSI untuk harddrive. Peningkatan lainnya berupa filter, pemrosesan efek dan memperkecil sistem operasi. Engine sample yang ter-upgrade dan fitur-fitur yang dibuat menjadikannya desain Linnpaling popular sepanjang masa dan perusahaannya saat ini, Roger Linn Designs, masih menawarkan kit yang memberikan MPC0 dengan beberapa fitur dari MPC 3000.

 

Akai MPC2000  Dan Diatasnya

Dalam waktu 2 tahun dari perilisan MPC3000, Akai mengalami kebangkrutan dan saham besarnya dibeli oleh Numark Corporation. Hal ini membuat Roger Linn berhenti menerima royaltinya tapi dia memutuskan untuk menuntut pemilik baru di pengadilan. Namun Akai tetap melanjutkan untuk merilis model MPC yang baru tanpa bantuan Roger Linn dan itu dilakukan sampai sekarang.

Model pertama sejak Linn berhenti adalah MPC2000 di tahun 1997. Seri ini memiliki 16 bit sample engine berdasarkan pada S2000 rack sampler dan menambah fitur seperti sample grafik. MPC2000xl dirilis pada awal millennium pertama dengan menambah beberapa fitur sepeti 4 bank tombol pilih, time stretch, chromatic otomatis yang ada pada tiap Padnya dan koneksi IDE internal untuk menambah hardrive atau mengganti floppy dengan card reader.

Seri 2000 ini diikuti oleh MPC4000, MPC200, dan MPC1000. Semua model ini berdasarkan pada desain Orisinal dari Roger Linn, MPC3000 dan diikuti dengan peningkatan teknologinya yang lebih maju supaya tetap relevan antar seri. Sebagian peningkatan ke seri MPC yang lebih baru menjadikannya lebih mudah digunakan dan diintegrasikan dengan studio modern.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *