Sekilas Tentang Fruityloops Studio

 

Compusiciannews.com – Produksi – Teknologi berkembang demikian pesat merambah hampir semua sisi kehidupan manusia termasuk musik. Hasilnya, musik menjadi begitu cepat dan mudah diciptakan. Pasalnya, berbagai software musik menawarkan kemudahan bagi para musisi untuk membuat musik, bahkan dalam hitungan jam saja.

Software musik atau biasa disebut juga dengan multi track software termasuk dalam Digital Audio Workstation (DAW). Beberapa merek software musik yang banyak digunakan, diantaranya Pro Tools, Reason, Ableton, Nuendo, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang juga cukup populer adalah Fruityloops Studio (FL Studio). Tepatnya sejak 1998, Frutyloops yang merupakan produk buatan Belgia sudah ramai digunakan. Berbekal tampilan yang sangat user friendly, Fruityloops menjadi salah satu yang paling diminti di antara pesaingnya ketika itu.

Sofware ini dilengkapi instrument musik dan alat-alat lain layaknya sebuah studio musik. Fitur-fiturnya cukup lengkap, mulai dari recording hingga tersedianya berbagai plug-in yang dapat melengkapi lagu dalam proses mixing dan mastering. Hasil akhir dalam penggunaan software ini dapat disimpan ke dalam beberapa format audio seperti  wav, mp3, midi, zip, atau format aslinya flp. Fruityloops sendiri sudah hadir dengan produk terbarunya yaitu FL Studio 11 yang rilis sekitar akhir tahun lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitur-fitur yang tersedia di dalam Fruityloops, antara lain:

Instrumen

Fruityloops setidaknya memiliki 29 virtual synthesizer, terdiri atas sintetik bas, gitar listrik, akustik, simulasi plucked string, beat-slicing, general sample playback, sampler piano, dan berbagai teknik sintetis.

Audio Recording dan Editing

Software ini juga mampu merekam suara dari satu vokal maupun orkestra, bahkan hingga 64 audio track secara bersamaan. Workspace playlist dalam Frutyloops juga mampu menampung jumlah audio track yang tidak terbatas sehingga memudahkan anda dalam mengedit, menghapus, atau memotong audio yang tidak diperlukan.

Sequencing, Mixing, dan Mastering

Frutyloops mampu merekam performance berbasis sequence termasuk langkah-langkahnya. Mixer dan program mastering dalam Fruityloops juga tergolong yang paling kuat di kelasnya. Proses mastering menggunakan multiband compression atau limiting and parametic EQ. Untuk lebih memahami software ini, pengguna bisa bergabung ke http://indofruityloops.webs.com/apps/members/ bersama sekitar 300 anggota lainnya. Dalam forum tersebut anggota akan saling bertukar informasi seputar penggunaan Frutyloops.

Fruityloops banyak digunakan para musisi hip hop dan elektronik yang memang banyak menggunakan instrumen-instrumen digital. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan live instrument layaknya band dengan instrument analog.

Fruityloops terbilang mudah dipahami sehingga sangat disarankan bagi mereka yang sedang mulai belajar musik dan membuat lagu. Selain itu, bagi mereka yang berprofesi sebagai arranger, composer, atau sound engineer, Fruityloops bisa menjadi sarana belajar otodidak serta dasar pemahaman sebelum mengenal DAW lain yang sifatnya lebih rumit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *