Selama 2016, Ada 12 Juta Domain Baru yang Banjiri Internet

 

Compusiciannews.com – Sains – Seberapa sering Anda mengunjungi website perusahaan, gerakan sosial, atau tokoh masyarakat? Tahukah Anda, website resmi yang biasa menggunakan .com, .net, tidak bisa dipergunakan sembarangan, namun harus didaftarkan lebih dulu sebelumnya? Adalah Verisign, sebuah perusahaan global yang mengurus pendaftaran nama domain dan keamanan internet, yang menjadi salah satu stakeholder yang paling berperan dalam hal ini.

Beberapa waktu lalu, perusahaan tersebut mengadakan press realese yang membocorkan jumlah pengguna internet yang telah mendaftarkan nama domain melalui perusahaannya. Di dalam temuannya, Verisign menjelaskan tentang jumlah pendaftar yang mendaftarkan nama domainnya di Verisign, jumlah pendaftar harian, jumlah pendaftar tertinggi, dan peningkatan atau penurunan yang terjadi berdasarkan analisis mereka.

Total, selama kuartal pertama 2016, sebesar 12 juta nama domain didaftarkan. Artinya, jumlah total nama domain yang terdaftar di Verisign adalah 326,4 juta per 31 Maret 2016. Data tersebut dilansir oleh Ikhtisar Industri Nama Domain atau Domain Name Industry Brief (DNIB).  Angka ini khusus menghitung domain tingkat atas atau top level domain (TLDs). Domain yang merupakan TLDS biasanya dicitikan dengan penggunaan .com dan .net di akhir situsnya.

Apabila dihitung, jumlah penigkatan pendaftaran nama domain ini adalah meningkat sebesar 3,8 persen dibandingkan kuartal keempat pada tahun 2015 lalu. Apabila dianalisis dari tahun ke tahun, jumlah peningkatan pendaftaran nama domain adalah tumbuh sebesar 32,4 juta atau meningkat 11 persen dari tahun ke tahun.

Secara lebih spesifik, jumlah pertumbuhan pendaftaran nama yang menggunakan .com dan .net di kuartal pertama 2016 mencapai 142,5 juta domain. Artinya, telah terjadi pertumbuhan dalam pendaftaran nama berakhiran .com dan .net sebesar 7,1 persen dari tahun ke tahun. Apabila dilihat kuantitasnya, per 31 Maret 2016, nama domain yang menggunakan.com sudah mencapai 126,6 juta nama. Sedangkan, pengguna domain .net lebih sedikit, yakni sebesar 15,9 juta nama.

Lebih lanjut, Verisign juga membeberkan jumlah pendaftar nama di kuartal pertama 2016. Apabila dibandingkan dengan kuartal pertama di tahun 2016, jumlah pendaftar nama domain meningkat sebanyak 8,7 juta.

Selain membahas tentang jumlah perndaftaran nama kumulatif, Verigsign juga mengungkapkan jumlah permintaan harian yang ia garap. Pada kuartal pertama tahun 2016, setiap harinya, rata-rata terdapat sekitar 124 miliar permintaan pendaftaran nama di seluruh TLD yang diperasikan oleh Verisign. Sementara, angkat permintaan tertinggi mencapai kisaran 189 miliar.

Hal ini lagi lagi menunjukkan adanya peningkatan terhadap permintaan pendaftaran nama terjadi di tahun 2016 ini, hika dibandingkan dengan angka di tahun seblumnya. Apabila dibandingkan dengan data tahun 2015, jumlah rata-rata permintaan harian meningkat 0,5 persen. Sementara, angka yang paling tinggi mengalami peningkatan sebesar 2,7 persen. Apabila melakukan pendataan global, setiap tahunnya, rata-rata permintaan harian meningkat 3,5 persen. Sementara, angka peningkatan tertinggi juga mengalami peningkatan yakni sebesar 14,2 persen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *