Setelah Warner Music dan Universal Music, Soundcloud Tandatangani Kerjasama Dengan Sony Music

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Setelah pada 2014 Soundcloud menjalin kerjasama dengan Warner Music Group dan disusul dengan Universal Music Group, tahun ini Soundcloud kembali menandatangani kerjasama dengan label besar lainnya yaitu Sony Music. Perjanjian tersebut memberikan akses SoundCloud untuk artis-artis besutan label Sony Music seperti Beyonce, The weeknd, Future, Calvin Harris, Bruce Springsteen, Miguel, Foo Fighters, dan Justin Timberlake. Sony Music juga akan mendapatkan ekuitas dari SoundCloud dalam kesepakatan tersebut.

Layanan streaming musik sedang direncanakan dalam sistem langganan berbayar. Soundcloud juga diminta untuk membuat full on-demand service seperti Spotify atau Apple Music. 

Soundcloud telah menjalin kerjasama dengan Warner Music Group, Universal Music Group, dan Merlin, jaringan label independen. Sony Music merupakan yang terkahir kali menandatangani kesepakatan dengan Soundcloud. Tapi untuk mendapatkan kesepakatan dengan Sony Music sedikit lebih menantang. Sony Music menarik semua konten musiknya dari SoundCloud tahun lalu, setelah muncul laporan bahwa Sony Music tidak senang dengan “kurangnya kesempatan monetising,” menurut Billboard.

Rumornya layanan berlangganan yang diberikan Soundcloud akan dihargai $10 per bulan. Tapi ini masih menjadi rumor, harganya bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi.

Layanan Soundcloud ini diramalkan akan bisa bersaing dengan layanan streaming musik yang sudah ada. Dikombinasikan dengan lagu-lagu live yang hanya ada di SoundCloud, SoundCloud memiliki sedikit keuntungan dibanding layanan streaming yang lain, yang sebagian besar menawarkan katalog musik yang sama.

Sekarang Soundcloud sudah mendapat restu dari industri musik. Yang menjadi PR pihak Soundcloud sekarang adalah bagaimana menghasilkan uang dari layanan mereka tapi tidak mengasingkan 175 juta lebih pelanggan yang selama ini menggunakan layanan secara gratis. Ini cukup sulit bagi Soundcloud, karena 175 juta lebih pelanggan Soundcloud sudah benar-benar terbiasa dengan lingkungan yang benar-benar gratis.

Tapi menurut The Verge, Soundcloud harus bisa membuat penghasilan dari layanan mereka jika ingin memiliki masa depan yang panjang.

18 Maret 2016 ini, Soundcloud mengkonfirmasi kesepakatan mereka dengan Sony Music.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *