Shaggy Dog Tampil di SXSW Music Conference and Festival di Amerika, Bukti Musisi Indonesia yang Sanggup Mendunia.

 

Compusiciannews.com – Setelah Joey Alexander menggamparkan panggung Grammy di America dengan penampilannya, satu lagi musisi Indonesia yang mendapat kesempatan untuk tampil dan meramaikan sebuah festival musik yang cukup besar bernama South by South West (SXSW) 2016 yang tepatnya diadakan pada tanggal 11-20 Maret di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Yang jauh lebih membanggakan adalah Shaggy Dog dipilih langsung oleh panitia penyelenggara SXSW. Penyelenggara melakukan proses seleksi sekitar 800 demo dari musisi seluruh dunia dan Shaggy Dog berhasil terpilih. Dalam situs resminya, SXSW memuji Shaggydog sebagai band yang peduli terhadap isu lingkungan dan hewan. Keterlibatan Shaggy Dog dalam kampanye Dogs are Not Food dan Save Orang Utan sebagai bukti kepedulian mereka. Mungkin hal ini juga yang menjadi faktor terpilihnya Shaggy Dog disamping musikalitas ska dan raegge yang mereka usung.

“Jadi kami kurang tahu apa alasan mereka pilih kita, kemungkinan lantaran gerakan itu,” kata Heru saat jumpa pers Shaggydog Road to SXSW 2016 di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Jumat (11/3).

Sebelum berangkat ke Amerika, band yang beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo ini juga menggelar menggelar konser mini di Rolling Stone Cafe, Jakarta bertajuk “Shaggy Dog Road to SXSW”. Sentimental Moods dan Jakarta Ska Foundation All Star juga turut menjadi bagian dari perayaan tersebut.

Di SXSW nanti, Shaggy Dog akan bermain setara dengan band internasional, seperti band rock asal Amerika Serikat, MercuryRev, legenda pop punk, NOFX, rapper Taiwan, Aristophanes. 

Di SXSW Shaggy Dog  tampil dua kali pada tanggal 17 dan 19. Mereka diberi jatah main selama 40 menit, jadi ada sekitar  10 lagu dibawakan dalam satu kali penampilan. Dalam penampilannya di SXSW, Shaggy Dog juga tidak dituntut untuk membawakan lagu berbasa Inggris, jadi mereka tidak perlu mentranslate lagu mereka kedalam bahasa Inggris dan tampil apa adanya seperti biasa. Kabarnya nanti mereka juga membawakan satu lagu baru “Rock The Mic” yang masuk di album baru ke 6 mereka yang belum rilis.

Band kebanggaan Yogyakarta dan Indonesia ini bukan pertama kalinya tampil di luar negeri. Pada tahun tahun 2004 dan 2006, Shaggydog pernah diundang manggung ke Belanda. Dan tahun 2009 mereka juga berkesempatan manggung di Australia. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *