Shaggydog Rilis Album Format Vinyl Bertajuk Putra Nusantara

 

Compusiciannews.com – Studio – Kali ini ada kabar baik untuk penggemar musik dengan genre ska/reggae, terutama penggemar Shaggydog. Bertepatan dengan perayaan Record Store Day 2017 regional Yogyakarta, mereka dikabarkan  akan meluncurkan ulang album Putra Nusantara. Album ini memang sebelumnya telah dirilis pada tahun 2016 lalu, namun menariknya, kali ini lagu-lagu yang termuat di dalamnya akan dibuat ulang dalam format piringan hitam berukuran dua belas inci! Tetapi, rekaman ini hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni sejumlah seratus keping piringan hitam.

Sangat disayangkan, tidak semua lagu dalam album Putra Nusantara dapat dibuat ulang dalam format vynil. Hal ini disebabkan karena kapasitas penyimpanan piringan hitam yang lebih pendek dari CD.  Pihak Shaggydog dengan sangat terpaksa harus menghilangkan beberapa lagu dari album aslinya. Adapun lagu yang dihilangkan tersebut adalah yang berjudul Kamu Di Hatiku dan sebuah hidden track. Dengan hilangnya lagu-lagu tersebut menjadikan total keseluruhan lagu yang tersimpan dalam media vynil ini hanya tersisa sebelas lagu, yang diantaranya berjudul Putra Nusantara, Suka Reggae, Kere Hore , dan Rock da Mic.

Selain dilakukan oleh para personel Shaggydog sendiri, beberapa musisi ternama di Indonesia juga turut campur tangan dalam proses rekamannya. Mereka antara lain adalah Sudjiwo Tedjo, Iwa K, Danar (dari group band Souljah), dan Riri (dari group band Everyday). Proses perekaman bertempat di daerah Padepokan Seni Bagong Kassudiarja, Bantul, Yogyakarta. Mereka menggunakan metode karantina dalam proses tersebut. Shaggydog tak urung memberikan effort yang sangat besar dalam penggarapannya. Mereka memilih Andy Walter untuk menyempurnakan karya mereka ini. Untuk sekedar informasi singkat, Andy Walter juga pernah menangani musisi-musisi tersohor dunia seperti Coldplay, David Bowie dan U2, di studio musik legendaris Abbey Road, London, Inggris.

Bagi penikmat karya mereka yang tidak sabar ingin memesan vynil, rumah rekaman Doggyhouse Records dikabarkan akan membuka pemesanan sistem pre-order dengan harga yang lebih murah. Rentang waktu pemesanan akan dibuka mulai dari tanggal 22 April hingga 30 April 2017 nanti. Adapun harga spesial yang ditawarkan adalah Rp 50.000 lebih murah dari harga aslinya. Menurut keterangan yang diberikan oleh Doggyhouse Records, harga normal kepingan piringan hitam Putra Nusantara adalah Rp 300 ribu, tetapi jika memesan di periode pre-order, pembeli dapat mendapatkannya dengan harga istimewa yakni Rp 250 ribu.

Pada perayaan Record Store Day 2017 yang akan datang, grup band ini juga akan merilis video klip musik Rock Da Mic yang proses penggarapannya dilakukan oleh tim Shaggydog sendiri. Video klip tersebut merupakan rekaman penampilan mereka di Austin, Texas, Amerika serikat dalam acara festival musik dan industri kreatif ternama South By Southwest (SXSW).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *